Pengenalan Permainan Sains Bagi Siswa SDK Tes Kecamatan Bikomi Utara,Timor Tengah Utara

Main Article Content

Vinsensia Ulia Rita Sila
Hermina Manlea
Sefrinus M. D. Kolo

Abstract

Abstrak


Pengabdian ini bertujuan untuk menciptakan, menimbulkan kesukaan, dan ketertarikan siswa terhadap pelajaran sains, mengenalkan beberapa macam alat sederhana dan penggunaannya, mengetahui dan melaksanakan praktikum fisika, kimia dan biologi sederhana yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan alat dan bahan yang tersedia di SDK Tes.


Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan diĀ  SDK Tes pada hari Rabu tanggal 16 Agustus 2017. Materi pengabdian berupa materi permainan sains, antara lain perbedaan tekanan udara, uangku terbakar uangku utuh, mengapung atau tidak mengapung, membuat magnet sederhana, memahami prinsip kayu (dayung), posisi air pada gelas besar terbalik, cangkang telur jauh lebih kuat dari yang terlihat, telur ajaib, kekuatan air, pembiasan cahaya, udara dan pembakaran, tes kerapatan.


Pelaksanaan demonstrasi tersebut dilakukan dengan menggunakan interaksi yang baik antara siswa dengan guru. Siswa tidak malu untuk bertanya dengan guru. Hal ini memudahkan siswa memecahkan masalah yang dihadapinya. Selain itu, guru tidak menggerutu atau memarahi siswa yang mengalami kegagalan dalam melakukan percobaan atau demonstrasi. Para siswa SDK Tes sangat antusias, aktif, interaktif dan tidak kaku dalam belajar IPA. Para guruĀ  SDK Tes mengenal praktikum sains (Fisika, Kimia dan Biologi) sederhana yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan alat dan bahan yang tersedia di lingkungan sekitar.

Article Details

How to Cite
Sila, V., Manlea, H., & Kolo, S. (2018). Pengenalan Permainan Sains Bagi Siswa SDK Tes Kecamatan Bikomi Utara,Timor Tengah Utara. Bakti Cendana, 1(1), 11-18. https://doi.org/10.32938/bc.1.1.2018.11-18
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.