Perlakuan Invigorasi Pada Benih Padi Di Kelompok Tani Pelita Desa Noepesu

Main Article Content

Anna Tefa

Abstract

Abstrak


Penyimpanan benih dapat mengakibatkan turunnya kemampuan benih untuk menjadi bibit yang vigor. Salah satu cara yang dapat dilakukan sebelum tanam untuk memperbaiki performa benih adalah perlakuan invigorasi dengan matriconditioning (conditioning dengan menggunakan media padat lembab) pada benih. Tujuan pengabdian ini adalah petani mitra menguasai vigor dan viabilitas benih yang digunakan untuk pembibitan,  mitra dapat mengetahui dan mampu melakukan invigorasi pada benih padi untuk meningkatkan daya berkecambah, kecepatan pertumbuhan, keserempakan tumbuh dan mengurangi benih yang tumbuh abnormal pada saat persemaian. Penelitian ini dilaksanakan di kelompok Tani Pelita Desa Noepesu Kabupaten Timor Tengah Utara dengan metode pelatihan dan praktek langsung di Lahan sawah petani. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa animo masyarakat untuk mengikuti pelatihan ini sangat besar. Benih padi yang digunakan untuk persemaian tumbuh lebih cepat yaitu 5 hari setelah semai sudah tumbuh normal,  pertumbuhannya seragam dan memiliki daya berkecambah yang tinggi.

Article Details

How to Cite
Tefa, A. (2018). Perlakuan Invigorasi Pada Benih Padi Di Kelompok Tani Pelita Desa Noepesu. Bakti Cendana, 1(1), 1-10. https://doi.org/10.32938/bc.1.1.2018.1-10
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.