Graha STEAM: Pemberdayaan Sociopreneur Berbasis Green Economy di Kelurahan Bandarharjo Kota Semarang

Main Article Content

Agnita Siska Pramasdyahsari
https://orcid.org/0000-0002-9520-1459
Rina Dwi Setyawati
Yuris Setyadi
Delina Febriani
Putri Setyowati
Muhammad Nur Cahya
Faisa Marsha Anindya

Abstract

Program Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberdayakan anak-anak, remaja serta ibu-ibu di kelurahan Bandarharjo Kota Semarang agar menjadi agen sociopreneur yang mampu menjadi pendamping dan fasilitator untuk anak usia sekolah melalui kegiatan pembelajaran berbasis projek STEAM dan meningkatkan produktifitas ibu-ibu secara ekonomi melalui kegiatan green economy. Metode yang dilaksanakan dalam kegiatan ini meliputi persiapan, sosialiasasi program, workshop pelatihan, penerapan teknologi dan pendampingan. Hasil dari kegiatan ini adalah terbentuknya Graha STEAM yang berlokasi di balai RW Kelurahan Bandarharjo sebagai pusat kegiatan STEAM anak usia sekolah serta pemberdayaan anak-anak usia sekolah, remaja dan ibu-ibu melalui kegiatan sociopreneur berbasis green economy; para remaja karang taruna dan anak-anak mendapatkan keterampilan 4C (creative thinking, critical thinking and problem solving, communication, and collaboration) melalui Engineering Design Process (EDP) STEAM dalam mendesain, mengujicobakan, mengevaluasi hingga menghasilkan produk Rocket STEAM dan Windmill STEAM challenge yang berfungsi dengan baik secara berkelompok; para ibu di lingkungan kelurahan Bandarharjo Kota Semarang memiliki keterampilan teori dan praktik untuk memanfaatkan limbah botol dan plastik menjadi Ecobrick yang dapat dimanfaatkan secara ekonomis maupun estetika sebagai kursi; dan terciptanya platform aplikasi steam.mulasi berbasis android yang memberikan akses secara digital bagi anak-anak dengan difasilitasi oleh remaja Karang Taruna Madya Bandarharjo dalam melakukan aktivitas STEAM.


 

Article Details

How to Cite
Pramasdyahsari, A., Setyawati, R., Setyadi, Y., Febriani, D., Setyowati, P., Cahya, M., & Anindya, F. (2022). Graha STEAM: Pemberdayaan Sociopreneur Berbasis Green Economy di Kelurahan Bandarharjo Kota Semarang. Bakti Cendana, 5(2), 40-50. https://doi.org/10.32938/bc.5.2.2022.1-11
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.