PENGEMBANGAN DIRI GURU-GURU MATEMATIKA SE-KABUPATEN TTU MELALUI KEGIATAN BIMTEK PENULISAN PROPOSAL DAN ARTIKEL ILMIAH

Main Article Content

Oktovianus Mamoh
Hendrika Bete

Abstract

Abstrak


  Tujuan pengabdian ini agar dapat membantu guru-guru matematika se-kabupaten Timor Tengah Utara dalam mengembangkan diri melalui kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Penulisan Proposal dan Artikel Ilmiah terutama Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sesuai tuntutan profesionalisme guru, maka PTK merupakan suatu kewajiban sehingga mutu pembelajaran pada kelas dan sekolah dapat terangkat serta masalah- masalah yang terdapat dalam pembelajaran dapat teratasi. Pengabdian ini dilaksanakan di SDN Sasi pada 14-16 Agustus 2018. Jumlah peserta yang hadir sebanyak 40 orang dengan pesertanya adalah guru – guru SD, guru-guru sekolah SMP bahkan ada guru TK. Kegiatan BIMTEK ini diawali dengan pemberian materi konsep umum PTK dan dilanjutkan dengan penulisan proposal PTK serta pendampingan penulisan proposal PTK. Kemudian dilanjutkan dengan teknik penulisan laporan PTK dan teknik penulisan artikel ilmiah. Pada sesi tanya jawab umpan balik, banyak peserta yang memberikan respon dan mengakui kesempatan kali ini banyak hal teknis penulisan ilmiah yang cukup mendalam dan tajam yang kami dapatkan dibandingkan dengan kegiatan-kegiatan terdahulu yang pernah kami ikuti. Kami berharap dan usahakan agar konsep rancangan penelitian yang telah dikonsepkan akan berlanjut hingga menjadi artikel ilmiah.

Article Details

How to Cite
Mamoh, O., & Bete, H. (2019). PENGEMBANGAN DIRI GURU-GURU MATEMATIKA SE-KABUPATEN TTU MELALUI KEGIATAN BIMTEK PENULISAN PROPOSAL DAN ARTIKEL ILMIAH. Bakti Cendana, 2(2), 49-57. https://doi.org/10.32938/bc.2.2.2019.49-57
Section
Articles

References

Arikunto, S. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara
Arikunto,S, Suhardjono & Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Dwiloka, B. 2005. Teknik Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Rineka Cipta,
Kementerian Pendidikan Nasional. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi
Mamoh, O. 2018. Meningkatkan Keterampilan Penulisan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Sdn Saenam. UNIMOR, Cendana Bakti Jurnal.
Siswono, T. Y. E. 2010. Penelitian Pendidikan Matematika. Surabaya: Unesa University Press
Sudarsono, FX. 2001. Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PAU Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional, Ditjen Dikti Depdiknas
Suwandi, S. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.