PEMANFAATAN NIRA LONTAR MENJADI GULA MERAH CETAK DI KELURAHAN MAUBELI, KECAMATAN KOTA KEFAMENANU, KABUPATEN TTU - NTT

Main Article Content

Ludgardis Ledheng
Yolanda Getrudis Naisumu

Abstract

Lontar (Borassus sundaicus,Beck) adalah jenis palma yang tumbuh di daerah kering. Di Indonesia, lontar banyak ditemukan di Nusa Tenggara Timur. Produk utama lontar adalah nira dari sadapan bunga, dapat diminum langsung atau diolah jadi gula. Nira yang dijadikan sumberdaya unggulan daerah ini perlu dikembangkan, sebab memberi nilai tambah terhadap pendapatan perkapita dan kesejahteraan.Pemanfaatan nira lontar sebagai gula merah cetak di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) masih dominan dilakukan oleh warga etnis Sabu dan Rote. Sedangkan masyarakat lokal, suku Dawan dominan memanfaatkan nira lontar untuk minuman beralkohol (sopi). Di Kabupaten TTU, Kota Kefamenanu Kelurahan Maubeli terdapat pohon lontar yang belum dimanfaatkan. Terutama  yang memproduksi nira lontar menjadi gula merah cetak. Alat, bahan seadanya dengan proses pembuatan tanpa melalui tahapan penyaringan secara baik. Sehingga penampilan gula merahnya kurang menarik. Dampaknya harga pasaran gula di bawah harga pasaran gula merah dari daerah lain yang sudah olah secara higienis.Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah pemanfaatan nira lontar sebagai gula merah cetak melalui pelatihan dan pendampingan serta perbaikan tahapan pengolahan secara higienis, dengan perlakuan media kemasan yang menarik untuk peningkatan harga dan pendapatan petani. Hasil gula merah cetak petani mulai diterima dipasaran toko maupun mini market di kota Kefamenanu. Dampak yang dirasakan petani yakni pendapatan meningkat.

Article Details

How to Cite
Ledheng, L., & Naisumu, Y. (2020). PEMANFAATAN NIRA LONTAR MENJADI GULA MERAH CETAK DI KELURAHAN MAUBELI, KECAMATAN KOTA KEFAMENANU, KABUPATEN TTU - NTT. Bakti Cendana, 3(1), 26-33. https://doi.org/10.32938/bc.3.1.2020.26-33
Section
Articles

References

Hadi,D.S,2016. Optimasi Pemanfaatan Nira Lontar sebagai Sumber Energi Alterntif di Propinsi NTT. Laporan Hasil Penelitian BP2LHK, Kupang.
Geertz, Clifford. 1983. Involusi Pertanian. Terjemahan S. Supomo. Jakarta: Bhratara Karya Aksara.
Jayusman. 2010. Perkembangan Budidaya Lontar Di Pulau Sawu Nusa Tenggara Timur. Semarang. Universitas Negeri Semarang.
Tambunan, 2010. Potensi dan Kebijakan Pengembangan Lontar untuk Menambah Pendapatan Penduduk. Jurnal Analisis Kebijakan Kehutanan. Volume 7, Nomor 1, Halaman 27 – 45.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.