PEMANFAATAN INFOGRAFIS DALAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SMK

Main Article Content

Maria Rosalinda Talan
Adeline Lelo Lein
Kristofel Bere Nahak

Abstract

Berdasarkan observasi awal, pelaksanaan gerakan literasi sekolah (GLS)  belum melibatkan media teknologi informasi. Padahal, era revolusi industri 4.0 menuntut masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan segala pekembangan, salah satunya melalui penggunaan media digital.  Oleh karena itu, tim pengabdi bertujuan melakukan pengabdian pendampingan pemanfaatan infografis dalam kegiatan literasi membaca sebagai jawaban tuntutan zaman tersebut. Pengabdian ini dilaksanakan di SMK Katolik Kefamenanu.  Kegiatan ini meliputi tiga tahapan besar yakni 1) memperkenalkan, menjelaskan, dan  mempraktikan desain infografis; 2) meminta peserta didik untuk membaca keunggulan objek Indonesia di Wikipedia, dan 3) melaporkan hasil baca melalui desain infografis. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan infografis dapat meningkatkan motivasi dan kreativitas peserta didik dalam kegiatan  literasi membaca. Motivasi dan kreativitas peserta didik dapat diidentifikasi dari tingkat aktivitas peserta didik yang tinggi dan kemampuan berkreasi memilih fitur-fitur menarik dalam templat infografis yang sesuai keinginan peserta didik. Dengan demikian infografis ini dapat direkomendasikan untuk diterapkan dalam literasi membaca sebagai bagian dari GLS.

Article Details

How to Cite
Talan, M., Lein, A., & Nahak, K. (2020). PEMANFAATAN INFOGRAFIS DALAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SMK. Bakti Cendana, 3(2), 85-91. https://doi.org/10.32938/bc.v3i2.555
Section
Articles

References

Agustina Noni. 2019. “Desain Infografis: Pengembangan Kreativitas dan Literasi Membaca Siswa SD Hati Kudus”. AbdiMas. Volume 05 Nomor 03.
Hamalik, Oemar. 2002.Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Munandar, Utami.2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Permatasari, Ane. 2015. “Membangun Kualitas Bangsa dengan Budaya Literasi”. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa, Bengkulu, 15 Desemberr 2015. Hal 146—156.
Pujiono, Setyawan. 2012. “Berpikir Kritis dalam Literasi Membaca dan Menulis untuk Memperkuat Jati Diri Bangsa”. Prosiding Seminar PIBSI XXXVII, Purwekerto 30—31 Oktober 2012. Hal.778-783.
Saptodewo, Febrianto. 2014. “Desain Infografis sebagai Penyajian Data Menarik”. Desain. Volume 01 Nomor 03.