PELATIHAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA ANAK-ANAK DI RT 9 KELURAHAN BENPASI

Main Article Content

Rince Jalla Wabang
Maria Rosalinda Talan

Abstract

Abstrak


            Media gambar berseri merupakan salah satu media yang efektif dalam pembelajaran keterampilan berbahasa di sekolah dasar dengan fokus berbicara.  Media ini menyajikan gambar yang berurutan  sehingga  dapat  menyajikan  informasi  yang nyata dan lengkap. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatan keterampilan berbicara menggunakan media gambar berseri pada anak-anak yang merupakan peserta didik kelas IV dan V SD yang tersebar di RT 9 Kelurahan Benpasi. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, tanya jawab, dan praktik. Prosedur pelatihan keterampilan berbicara dilakukan  dengan tahap 1) menjelaskan pentingnya berbicara yang baik dan benar, 2) melakukan tanya jawab, 3) memberikan waktu kepada anak-anak untuk berbicara mengenai pandemik virus corona tanpa adanya rangsangan gambar berseri, 4) menampilkan beberapa gambar berseri, 5) memberikan contoh berbicara menggunakan rangsangan gambar berseri, 6) memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk berbicara menggunakan rangsangan gambar berseri; dan 7) melakukan evaluasi. Hasil dari pengabdian ini  menunjukkan bahwa media gambar dapat meningkatkan motivasi dan keterampilan berbicara anak. Anak-anak lebih antusias atau semangat  dalam berlatih berbicara jika diberikan media gambar berseri dibandingkan  dengan tanpa menggunakan media. Keterampilan berbicara anak juga meningkat dengan adanya penggunaan media gambar berseri. Dengan demikian, media gambar berseri sangat direkomendasikan kepada guru di sekolah dasar agar digunakan dalam proses pembelajaran di kelas.

Article Details

How to Cite
Wabang, R., & Talan, M. (2020). PELATIHAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA ANAK-ANAK DI RT 9 KELURAHAN BENPASI. Bakti Cendana, 3(2), 99-104. https://doi.org/10.32938/bc.3.2.2020.99-104
Section
Articles

References

Kurniawan, Khaerudin, 2015. Bahasa Indonesia Keilmuan untuk Perguruan Tinggi. Bandung: Refika Aditama.
Mulyati, Yeni dan Isah Cahyani. 2015. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Rothwell, William J. dan Kazanas H. C. 1992. Mastering the Instructional Design Process: A Systematic Approach. San Fransisco: Jossey-Bass
Saddhono K dan Slamet Y. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Tarigan, Djago. 1990. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Indonesia 1. Buku 1: Modul 1-6. Jakarta: Depdikbud.
Sudrajat, Ahmad. 2008. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan Model Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Estika, Vera dkk.2018. “Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Media Gambar Berseri di Kelas III Sekolah Dasar” Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Khatulistiwa. Volume 7. Nomor 5

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.