PELATIHAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA ANAK-ANAK DI RT 9 KELURAHAN BENPASI
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Media gambar berseri merupakan salah satu media yang efektif dalam pembelajaran keterampilan berbahasa di sekolah dasar dengan fokus berbicara. Media ini menyajikan gambar yang berurutan sehingga dapat menyajikan informasi yang nyata dan lengkap. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatan keterampilan berbicara menggunakan media gambar berseri pada anak-anak yang merupakan peserta didik kelas IV dan V SD yang tersebar di RT 9 Kelurahan Benpasi. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, tanya jawab, dan praktik. Prosedur pelatihan keterampilan berbicara dilakukan dengan tahap 1) menjelaskan pentingnya berbicara yang baik dan benar, 2) melakukan tanya jawab, 3) memberikan waktu kepada anak-anak untuk berbicara mengenai pandemik virus corona tanpa adanya rangsangan gambar berseri, 4) menampilkan beberapa gambar berseri, 5) memberikan contoh berbicara menggunakan rangsangan gambar berseri, 6) memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk berbicara menggunakan rangsangan gambar berseri; dan 7) melakukan evaluasi. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa media gambar dapat meningkatkan motivasi dan keterampilan berbicara anak. Anak-anak lebih antusias atau semangat dalam berlatih berbicara jika diberikan media gambar berseri dibandingkan dengan tanpa menggunakan media. Keterampilan berbicara anak juga meningkat dengan adanya penggunaan media gambar berseri. Dengan demikian, media gambar berseri sangat direkomendasikan kepada guru di sekolah dasar agar digunakan dalam proses pembelajaran di kelas.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mengirimkan naskahnya pada Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat telah memahami ketentuan yang berlaku pada jurnal ini. Jika naskah tersebut diterbitkan, hak cipta artikel itu akan diserahkan kepada Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Universitas Timor sebagai penerbit jurnal tersebut.
Hak cipta ini meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyiarkan artikel dalam berbagai bentuk media. Reproduksi sebagian atau keseluruhan isi jurnal ini dan segala yang melekat padanya haruslah dengan seizin Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Universitas Timor.
Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Universitas Timor, Dewan Editor, dan Reviewer berusaha menjamin agar tidak terjadi kesalahan atau penyimpangan dalam penyajian data dan pernyataan yang dikutip pada jurnal. Dalam hal naskah yang termuat berisi penghargaan pada pihak-pihak tertentu sebagai donatur atau sponsor, itu merupakan bagian yang terpisah dari Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan menjadi kepentingan penulis dengan pihak sponsor.
Semua artikel yang dimuat dalam jurnal ini bersifat Open Access dan bebas dibaca, diunduh, dan disebarluaskan oleh para pembaca selama tidak mengabaikan lisensi yang diacu oleh Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat: yaitu http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0.
References
Mulyati, Yeni dan Isah Cahyani. 2015. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Rothwell, William J. dan Kazanas H. C. 1992. Mastering the Instructional Design Process: A Systematic Approach. San Fransisco: Jossey-Bass
Saddhono K dan Slamet Y. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Tarigan, Djago. 1990. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Indonesia 1. Buku 1: Modul 1-6. Jakarta: Depdikbud.
Sudrajat, Ahmad. 2008. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan Model Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Estika, Vera dkk.2018. “Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Media Gambar Berseri di Kelas III Sekolah Dasar” Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Khatulistiwa. Volume 7. Nomor 5