KREATIVITAS MENULIS DAN MENGAPRESIASI PUISI SISWA SMP NEGERI MAUBELI

Main Article Content

Metropoly Merlin J. Liubana
Hesni Neno

Abstract

Kreativitas dalam pembelajaran menulis dan mengapresiasi puisi ditunjang dengan pengetahuan dan latihan secara praktik, intens, dan bervariasi. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk memenuhi hal tersebut adalah dengan cara melakukan tindakan sebagai pengabdi pada siswa SMP Negeri Maubeli. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi, penugasan, praktik latihan menulis dengan teknik mengamati objek secara langsung, dan mengapresiasi puisi dengan cara membaca. Hasil yang diperoleh berupa penilaian menulis puisi dari 38 siswa mencapai nilai 72%, dengan jumlah skor keseluruhan 2728, dan termasuk dalam kategori baik. Hasil dari penilaian membaca puisi mencapai nilai 74 %, dengan jumlah skor keseluruhan 2830, dan termasuk dalam kategori baik. Sedangkan hasil menulis dan membaca puisi tersebut diakumulasi menjadi rerata skor 71.5% dari jumlah keseluruhan yakni 2713.5. Tingkat penguasaan siswa kelas VIII SMP Negeri Maubeli dalam menulis dan membaca puisi berinterval 80-100, dengan kategori baik sekali sebanyak 16 siswa sehingga persentase tingkat penguasaan hanya mencapai 42.10%; berinterval 70-79 dengan kategori baik sebanyak 11 siswa dengan persentase tingkat penguasaan mencapai 28.94%; berinterval 60-69 berkategori cukup baik sebanyak 5 siswa, dengan persentase tingkat penguasaan mencapai 13.15%; dan berinterval 0-59 berkategori kurang baik sebanyak 6 siswa, sehingga persentase tingkat penguasaan mencapai 15.78%.

Article Details

How to Cite
Liubana, M., & Neno, H. (2020). KREATIVITAS MENULIS DAN MENGAPRESIASI PUISI SISWA SMP NEGERI MAUBELI. Bakti Cendana, 3(2), 124-131. https://doi.org/10.32938/bc.v3i2.607
Section
Articles

References

Arief, H. & Sampara, J. 2019. Pengaruh Penggunaan Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengapresiasi Puisi Siswa Kelas Viii Di Smp 11 Kota Makassar. Algazali| International Journal Of Educational Research, 2(1):9-16.
Herman J. Waluyo. 2002. Apresiasi Puisi: Panduan untuk Pelajar dan Mahasiswa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Muchlisoh. 2003. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Indonesia. Jakarta Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Ristian, I. 2020. Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Dalam Menulis Puisi Melalui Teknik Satu Peristiwa Satu Karya. Dinamika: Jurnal Bahasa, Sastra, Pembelajarannya, 3(1): 1-7.
Zaidan, Abdul Rozak, dkk. 2001. Kamus Istilah Sastra. Jakarta: Balai Pustaka.