PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BANGUN DATAR BAGI GURU-GURU SD BERTINGKAT NAIKOTEN

Main Article Content

Christine Krisnandari Ekowati
Ofirenty Elyada Nubatonis
Magdalena Wangge

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan meningkatkan kemampuan guru-guru SD Bertingkat Naikoten membuat dan menggunakan media pembelajaran matematika bangun datar untuk mengatasi keterbatasan jumlah dan penggunaan media di kelas. Metode yang digunakan dalam mengatasi masalah yang dihadapi mitra adalah seminar, workshop, pendampingan, diskusi dan tanya jawab. Target khusus yang ingin dicapai dalam kegiatan pengabdian ini yaitu menghasilkan 13 paket media bangun datar untuk siswa sekolah dasar, menghasilkan modul petunjuk pembuatan media pembelajaran matematika dan modul petunjuk penggunaan media pembelajaran matematika.

Article Details

How to Cite
Ekowati, C., Nubatonis, O., & Wangge, M. (2020). PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BANGUN DATAR BAGI GURU-GURU SD BERTINGKAT NAIKOTEN. Bakti Cendana, 3(2), 78-84. https://doi.org/10.32938/bc.v3i2.646
Section
Articles

References

Amsikan, Stanislaus dan Deda, Y. N. 2018. Memanfaatkan Potensi Lokal Kefamenanu dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kreatiifitas Guru SMP. Ethos: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1); 32-40

Deda, Y. N. dan Disnawati, Hermina. 2019. Workshop Media Alat Peraga Matematika “Luas Bangun Datar” untuk Meningkatkan Kreatifitas Guru dan Siswa Sekolah Dasar. Ethos : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(1); 67 -72

Mashuri, Sufri. 2019. Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta : Deepublish

Riyana, Cepi. 2012. Media Pembejaran. Jakarta Pusat : Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI

Sumardjan. 2017. Desain Pembelajaran MTK SD Menyenangkan. Semarang : Formaci Press

Yayuk, Erna. 2019. Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Yaumi, Muhammad. 2018. Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta : Prenamedia Grup