BUDIDAYA AYAM KAMPUNG PADA KELOMPOK IBU RUMAH TANGGA SION KEFAMENANU NTT

Main Article Content

Charles Venirius Lisnahan
Agustinus Agung Dethan
Polikarpia Wilhelmina Bani

Abstract

Pengabdian pada masyarakat ini bertujuan meningkatkan kesejahteraan melalui budidaya ayam kampung ramah lingkungan pada kelompok ibu rumah tangga Sion Kefamenanu, Nusa Tenggara Timur sebagai kelompok mitra. Dalam pengabdian ini digunakan metode participatory action research, kelompok mitra dan Tim pelaksana secara bersama dilibatkan dalam penentuan jenis kegiatan dan pelaksanaan kegiatan di lapangan. Tahapan-tahapan kegiatan dan solusi mengatasi permasalahan kelompok mitra meliputi kegiatan persiapan yaitu tim pengabdian dengan kelompok mitra menetapkan jenis kegiatan berdasarkan hasil analisis situasi awal dan disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi aktual. Kegiatan dilanjutkan dengan penyuluhan dan pelatihan/pendampingan oleh dosen dan tim pendamping untuk meningkatkan kemampuan peternak/kelompok. Tahapan kegiatan meliputi manajemen penetasan, pembuatan pakan komplit, pemeliharaan fase starter dalam brooding, penataan kandang fase grower, pembuatan pupuk bokasi, penjualan ayam dan perhitungan ekonominya serta evaluasi kegiatan sesuai tahapan pelaksanaan. Hasil yang dicapai adalah ketrampilan kelompok peternak meningkat dengan memanfaatkan penggunaan mesin tetas, pemeliharaan dengan brooding dan pemeliharaan fase grower serta manajemen pemeliharaan lainnya seperti pencegahan penyakit dan vaksinasi dan pencampuran pakan dapat dilakukan dengan mudah oleh kelompok peternak sehingga populasi maupun produktivitas ternak ayam kampung bertambah. Terjadi peningkatan pendapatan dan kesejahteraan kelompok peternak dengan keuntungan Rp. 3.250.000 dengan volume pemeliharaan 100 ekor ayam kampung sejak DOC sampai umur 3-5 bulan.

Article Details

How to Cite
Lisnahan, C., Dethan, A., & Bani, P. (2021). BUDIDAYA AYAM KAMPUNG PADA KELOMPOK IBU RUMAH TANGGA SION KEFAMENANU NTT. Bakti Cendana, 4(1), 1-12. https://doi.org/10.32938/bc.4.1.2021.1-12
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.