MINIMALISASI TINGKAT PLAGIAT KARYA ILMIAH MAHASISWA MELALUI WORKSHOP SOFTWARE PLAGIARISM CHECKER X

Main Article Content

Syaharuddin Syaharuddin
Vera Mandailina
Saddam Saddam
Habib Ratu Perwira Negara
Rody Satriawan
Malik Ibrahim

Abstract

Salah satu upaya untuk minimalisasi tingkat plagiat di kalangan mahasiswa dalam menyusun tugas akhir adalah optimalisasi studi literatur dan melakukan pengecekan tingkat plagiat menggunakan aplikasi standar seperti Plagiarism CheckerX. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menyusun tugas akhir dengan tingkat plagiasi tidak lebih dari 30%. Oleh sebab itu, sebanyak 83 mahasiswa telah mengikuti kegiatan workshop penggunaan software Plagiarism CheckerX serta dijelaskan teknik memperbaiki hasil plagiat jika lebih dari 30%. Angket merupakan alat evaluasi yang digunakan dalam kegiatan ini. Hasil pelaksanaan kegiatan menunjukkan bahwa sebesar 89% mahasiswa memahami materi yang disampaikan dan memahami teknik mengecek plagiat serta memperbaiki hasil plagiat tersebut.


 

Article Details

How to Cite
Syaharuddin, S., Mandailina, V., Saddam, S., Perwira Negara, H., Satriawan, R., & Ibrahim, M. (2021). MINIMALISASI TINGKAT PLAGIAT KARYA ILMIAH MAHASISWA MELALUI WORKSHOP SOFTWARE PLAGIARISM CHECKER X. Bakti Cendana, 4(1), 62-67. https://doi.org/10.32938/bc.4.1.2021.62-67
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.