Analisis Higher Order Thinking Skill dan Self Regulation Biologi Melalui Model Pembelajaran Laps-Heuristik di Kelas XI

  • Nukhbatul Bidayati Haka universitas islam negeri raden intan lampung
  • Reni Prima Resti universitas islam negeri raden intan lampung
  • Bambang Sri Anggoro universitas islam negeri raden intan lampung
  • Abdul Hamid universitas islam negeri raden intan lampung
  • Nur Hidayah universitas islam negeri raden intan lampung
Keywords: Biologi, higher order thinking skill, Model LAPS-Heuristik, Self Regulation.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran LAPS-Heuristik ini sangat penting untuk meningkatkan higher order thinking skill peserta didik dan Self Regulation peserta didik Biologi. Peneliti menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Kelas eksperimen yang diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran LAPS-Heuristik dan kelas kontrolnya diberikan model pembelajaran Discovery Learning. Teknik pengambilan sampel dengan cara acak kelas, sampel yang digunakan  di kelas XI MIA 4 dan XI MIA 6. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: tes dan angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan soal essay Higher Order Thinking Skills dan angket Self Regulation. Hasil penelitian dan pembahasan yang telah didapat bahwa dalam uji hipotesis dengan menggunakan uji MANOVA tersebut didapatkan hasil dengan sig 0,000, dapat dikatakan adanya pengaruh terhadap model pembelajaran apabila hasil dari uji hipotesis memiliki signifikan< 0,05. Dalam hal ini penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dapat menjawab seluruh rumusan masalah yang telah ditentukan pada hasil uji hipotesis pada rumusan masalah dengan memperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa: Terdapat pengaruh model LAPS-Heuristik Higher Order Thinking Skills dan Self Regulation biologi kelas XI.

Published
2020-12-16