ANALISIS KOHESI DAN KOHERENSI WACANA PADA LEMBAR KERJA SISWA BAHASA INDONESIA UNTUK SMA/MA/SMK/MAK KELAS XI

  • Nur Aisyah IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Fakultas Ilmu Tarbiyah Ilmu Keguruan, Tadris Bahasa Indonesia
Keywords: Kata Kunci: kohesi, koherensi, lembar kerja siswa, bahasa Indonesia.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah ditemukannya aspek-aspek kohesi dan koherensi yang belum tepat pada wacana dalam Lembar Kerja Siswa (LKS) Bahasa Indonesia untuk SMA kelas XI kurikulum 2013 edisi revisi 2016 Penerbit Graha Printama Selaras tahun 2016. Adanya kedua unsur tersebut dapat menjaga kepaduan dari sebuah wacana sehingga ide yang disampaikan penulis akan secara tepat tersampaikan kepada pembaca. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang dipilih dari lembar kerja siswa tersebut adalah berupa wacana yang terdapat pada lembar kerja siswa semester genap dan ganjil. Sebelum diketik pada komputer, peneliti mencatat semua data yang ditemukan pada sebuah kartu data. Kartu data berfungsi untuk mengingat dan mempermudah peneliti dalam mengelompokkan data-data yang sudah didapat untuk dianalisis kohesi dan koherensi yang terdapat di dalamnya.Teknik yang digunakan untuk melengkapi metode analisis dokumen adalah teknik catat. Metode simak dengan teknik simak bebas libat cakap tanpa tatap muka juga digunakan untuk mendapatkan informasi bahwa LKS tersebut memang banyak digunakan berbagai sekolah di Indonesia sebagai bahan ajar yang digunakan guru.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) bentuk yang paling banyak digunakan adalah kohesi gramatikal dengan kategori konjungsi, yaitu dengan jumlah 15 data kesalahan yang ditemukan, seperti dan, namun, dengan dan tetapi.. Repetisi 5 data, sinonimi 3 data, referensi 1 data, dan ellipsis 3 data. (2) Kesalahan koherensi yang ditemukan dengan jumlah 8 data. Kesalahan piranti kohesi gramatikal, seperti referensi, substitusi, elipsis tidak banyak dijumpai pada wacana tersebut. Begitu juga piranti kohesi leksikal, seperti repetisi, sinonimi tidak banyak ditemukan dalam penelitian ini. (3) Kesalahan berbahasa lain yang sering ditemui, yaitu ketidaktepatan dalam penggunaan huruf kapital serta tanda baca sehingga menjadikan kalimat kurang efektif.

Published
2020-02-28
How to Cite
Aisyah, N. (2020). ANALISIS KOHESI DAN KOHERENSI WACANA PADA LEMBAR KERJA SISWA BAHASA INDONESIA UNTUK SMA/MA/SMK/MAK KELAS XI. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(3), 151-160. https://doi.org/10.32938/jbi.v4i3.160
Section
Articles