Literasi Mahasiswa BIPA Program Darmasiswa Universitas Ahmad Dahlan Bermuatan Bahasa dan Budaya Indonesia
Keywords:
literacy, BIPA Darmasiswa students, Indonesian language, Indonesian cultureAbstract
The interest in learning foreign students about Indonesian is high. This can be seen at least from the number of foreign students studying at the Ahmad Dahlan University Darmasiswa Program (UAD), especially in the 2016/2017 academic year (TA). This fact is certainly interesting to study more considering that Indonesian Language for Foreign Speakers (BIPA) is a rapidly developing scientific field. The purpose of this study is to describe the literacy of BIPA UAD Darmasiswa Program containing Indonesian language and culture. The method of collecting data in this study is the observation method with the technique of reading and recording. Data is taken from photos and descriptions of lecture activities in the classroom and outside the UAD Darmasiswa Program class. The results of this study indicate that BIPA student literacy The UAD Darmasiswa Program with Indonesian language and culture is carried out inside and outside the classroom. Activities in the classroom include lectures on Indonesian language skills and culture, while activities outside the classroom include mankakrida activities at Borobudur Temple, Imogiri Tomb, Chocolate Monggo Factory, Batik Mekar, and others. With these activities, the BIPA Darmasiswa UAD students became more aware of Indonesian language and cultural knowledge and skills.
References
Hastuti, T. & Kosasih, E. (2018). Implementasi lokalitas Indonesia dalam bahan ajar BIPA tingkat dasar. Dalam Prosiding Seminar Internasional Riksa Bahasa XII, 901-906. URL: http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/224.
Isnaini, M. (2014). Kalimat dalam karangan bahasa Indonesia mahasiswa asing tingkat pemula program Darmasiswa di BIPA UMM tahun 2013. (Tesis, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia).
Krippendorf, K. (1980). Content analysis: An introduction to its methodology. Beverly-Hills: Sage Publications.
López, L. G. M. (2018). The Indonesian language and its potential to become an international language. Dalam Proceeding Third International Conference of Arts, Language, and Culture (ICALC 2018), 278-280. doi: https://doi.org/10.2991/icalc-18.2019.40.
Muliastuti, L. (2017). Bahasa Indonesia bagi penutur asing: Acuan teori dan pendekatan pengajaran. Jakarta: Pustaka Obor Indonesia.
Sari, Y. (2018). Wujud kesantunan berbahasa mahasiswa asing Program Darmasiswa di Universitas Gadjah Mada. Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Indonesia, 4(1), 118—128.
Siagian, E. S. L., Suwandi, S., & Andayani (2018). Tindak tutur dan fungsi tuturan ekspresif pemelajar BIPA asal Polandia di UPT Bahasa UNS. Lingua Didaktika, 12(1), 12—24.
Sihong, L. & Damaianti, V. S. (2018). Bahan ajar pembelajaran bahasa Indonesia: Analisis pembelajaran BIPA dengan pendekatan integratif dalam konteks kecakapan hidup. Dalam Prosiding Seminar Internasional Riksa Bahasa XII, 875-880. URL: http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/220.
Sudaryanto. (2014). Studi tentang perkembangan bahasa Indonesia di Tiongkok dan dampak kesarjanaan Tiongkok bagi pengajaran bahasa Indonesia. Kajian Linguistik dan Sastra, 26(1), 61—70.
Sulaila, M. (2015). Pengelolaan pembelajaran bahasa Indonesia pada program Darmasiswa di Universitas Muhammadiyah Surakarta. (Tesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Indonesia).
Wijaya, H. P. S. (2018). Efektivitas penggunaan bahasa informal dalam pembelajaran BIPA. Dalam Prosiding Seminar Nasional SAGA #2 (Sastra, Pedagogik, dan Bahasa), 259-262. URL: http://seminar.uad.ac.id/index.php/saga/article/view/134.
Wijayanti, B. W. & Adawiyah, R. (2018). Kesalahan berbahasa Indonesia mahasiswa Mesir Program KNB dan Darmasiswa Universitas Negeri Malang. Dalam Prosiding Seminar Internasional Riksa Bahasa XII, 99-108. URL: http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa.
Yahya, M. & Saddhono, K. (2018). Studi kesalahan penulisan kalimat dalam karangan pelajar bahasa Indonesia untuk penutur asing (BIPA). Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 1—20.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mengirimkan naskahnya pada Jubindo telah memahami ketentuan yang berlaku pada jurnal ini. Jika naskah tersebut diterbitkan, hak cipta artikel itu akan diserahkan kepada Jubindo dan Universitas Timor sebagai penerbit jurnal tersebut.
Hak cipta ini meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyiarkan artikel dalam berbagai bentuk media. Reproduksi sebagian atau keseluruhan isi jurnal ini dan segala yang melekat padanya haruslah dengan seizin Jubindo dan Universitas Timor.
Jubindo dan Universitas Timor, Dewan Editor, dan Reviewer berusaha menjamin agar tidak terjadi kesalahan atau penyimpangan dalam penyajian data dan pernyataan yang dikutip pada jurnal. Dalam hal naskah yang termuat berisi penghargaan pada pihak-pihak tertentu sebagai donatur atau sponsor, itu merupakan bagian yang terpisah dari Jubindo dan menjadi kepentingan penulis dengan pihak sponsor.
Semua artikel yang dimuat dalam jurnal ini bersifat Open Access dan bebas dibaca, diunduh, dan disebarluaskan oleh para pembaca selama tidak mengabaikan lisensi yang diacu oleh Jubindo: yaitu http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0