PERANTI BAHASA INDONESIA DALAM WACANA KAMPANYE PARTAI POLITIK PESERTA PEMILIHAN UMUM TAHUN 2019

  • Sudaryanto Sudaryanto Universitas Ahmad Dahlan
Keywords: peranti bahasa Indonesia, wacana kampanye, partai politik, Pemilu 2019

Abstract

Partai politik (parpol) peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 melakukan promosi diri guna mendulang suara di seluruh wilayah Indonesia. Salah satu cara promosi diri itu ialah membuat wacana kampanye yang memanfaatkan peranti bahasa Indonesia. Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ragam peranti bahasa Indonesia dalam wacana kampanye parpol peserta Pemilu 2019. Data kajian ini berupa alat peraga kampanye (APK) parpol peserta Pemilu 2019 berjumlah 16 buah, khususnya parpol non-daerah Aceh. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dengan teknik baca dan catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis konten (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ragam peranti bahasa Indonesia dalam wacana kampanye parpol peserta Pemilu 2019 terdiri atas slogan, repetisi, rima, singkatan, akronim, deiksis persona, nama diri, nama jabatan, dan nama parpol.

References

Abdurachman, H., Riyanti, R., & Nugraha, R. A. (2019). Kuota perempuan di DPRD Jawa Tengah pada Pemilu 2014 dan Pemilu 2019. Perspektif Hukum, 19(1), 124—149.
Amalia, L. S. (2019). Upaya mobilisasi perempuan melalui narasi simbolik ‘emak-emak dan ibu bangsa’ pada Pemilu 2019. Jurnal Penelitian Politik, 16(1), 17—33.
Djajasudarma, T. F. (2006). Metode linguistik: Ancangan dan kajian. Bandung: Refika Aditama.
Fauzi, A. M. (2019). Perilaku pemilih menjelang Pemilu 2019. Journal of Islamic Civilization, 1(1), 40—48.
Fitria, S. A. (2019). Analisis framing pemberitaan deklarasi kampanye damai Pemilihan Presiden 2019 di Liputan6.com dan Tempo.co. (Skripsi, UIN Sunan Ampel Surabaya, Surabaya).
Habibi, M. R. (2019). Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dalam sorotan media di Indonesia. Jurnal Tapis: Jurnal Teropong Aspirasi Politik Islam, 15(1), 115—141.
Handini, V. A., Nugroho, W., & Nur’afifah, O. (2019). Transformasi media kampanye dalam konstelasi Pilpres Indonesia Tahun 2009—2019. Dalam Proceeding Conference On Communication and News Media Studies 1, 34-45. URL: http://proceeding.umn.ac.id/index/php/COMNEWS/article/view/1078.
Krippendorf, K. (1980). Content analysis: An introduction to its methodology. Beverly-Hills: Sage Publications.
Muhtadi, B. (2019). Politik uang dan new normal dalam Pemilu pasca-Orde Baru. Integritas: Jurnal Antikorupsi, 5(1), 55—74.
Novadila, A., Said, M. P., & Miranda. (2019). Peran radio lokal sebagai agen sosialisasi politik pada kalangan pemilih muda di Pulau Pramuka. Wacana: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(1), 35—45.
Nursalim, M. P. (2019). Mitos di media sosial terkait Pilpres 2019. Piktorial, 1(1), 1—14.
Priandi, R. & Roisah, K. (2019). Upaya meningkatkan partisipasi politik perempuan dalam pemilihan umum di Indonesia. Jurnal Pembangunan Hukum Indonesia, 1(1), 106—116.
Putra, I. M., Ariany, R., & Syahrizal. (2019). Tata kelola verifikasi partai politik peserta pemilihan umum tahun 2019 di Komisi Pemilihan Umum Kota Padang. JISPO: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 9(1), 107—123.
Rosyid, H. (2019). Pelaksanaan pendidikan politik oleh DPD Partai Gerindra Jawa Timur dalam rangka menghadapi Pemilu Serentak 2019 (Studi pada DPC Partai Gerindra Kabupaten dan Kota Mojokerto). Humanis: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora, 11(1), 29—38.
Sari, A. T. Y., Fitriyani, A. D., & Said, M. P. (2019). Komunikasi interpersonal pada proses pendidikan politik pemilih pemula di Pulau Pramuka. JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek, 2(2), 189—207.
Siregar, F. A. H. (2019). Strategi politik DPC Partai Bulan Bintang Surabaya dalam Pemilu Legislatif 2019. (Skripsi, UIN Sunan Ampel Surabaya, Surabaya).
Susanto, A. (2019). Strategi Partai Perindo jelang Pemilu 2019. Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 3(2), 123—134.
Zuhro, R. S. (2019). Demokrasi dan pemilu Presiden 2019. Jurnal Penelitian Politik, 16(1), 69—81.
Published
2020-02-28
How to Cite
Sudaryanto, S. (2020). PERANTI BAHASA INDONESIA DALAM WACANA KAMPANYE PARTAI POLITIK PESERTA PEMILIHAN UMUM TAHUN 2019. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(3), 141-150. https://doi.org/10.32938/jbi.v4i3.323
Section
Articles