The Development of PISA Model Reading Literacy Questions Based on Timor Tengah Utara Context

  • Nila Puspita Sari Universitas Timor
Keywords: literasi membaca, literasi matematika, PISA

Abstract

Literasi dalam pengertian sederhana merupakan kemampuan membaca dan menulis yang bila diartikan secara lebih luas menyangkut kemampuan individu dalam mengolah informasi dan pengetahuan untuk kecakapan hidup. Penelitian ini bertujuan untuk membuat soal literasi membaca dan matematika berdasarkan karakter model PISA dengan konteks budaya TTU. Pengambilan data dilakukan dengan dua tahap, yakni preliminaru dan prototyping. Pada tahap prototyping, pengambilan data juga dilakukan dengan beberapa metode, yakno one to one, expert review dan small group. Hasil penelitian mengahsilkan Sembilan butir soal literasi membaca dan delapan butir soal literasi matematika yang valid. Berdasarkan hasil uji coba soal dan wawancara. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa uji coba soal model PISA dengan menggunakan konteks budaya Timor Tengah Utara dapat digunakan sebagai bahan referensi bagi siswa untuk mengembangkan kemampuan dalam menyelesaikan soal-soal berbasis HOTS. Kata Kunci: literasi membaca, literasi matematika, PISA

References

Ekoati, E. S. (2017). Strategi Literasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Berbasis Kearifan Lokal Dalam Pembentukan Karakter Bangsa, Mei, 72–79. http://pbsi.umk.ac.id/files/STRATEGI_LITERASI_DALAM_PEMBELAJARAN_BAHASA_INDO NESIA.pdf Haji, S., Yumiati, & Zamzaili. (2018). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyesaikan Soal-Soal PISA ( Programme for International Student Assessment ) di SMP Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 177–183. Harsiati, T. (2018). Karakteristik Soal Literasi Membaca Pada Program Pisa. Litera, 17(1), 90–106. https://doi.org/10.21831/ltr.v17i1.19048 Hasanah, U., & Warjana. (2019). Pengembangan Pembelajaran Literasi Membaca untuk Meningkatkan Daya Baca Siswa. Mediia Pustakawan, 26(2), 129–139. https://ejournal.perpusnas.go.id/mp/article/view/184 Hidayah, L. (2017). Implementasi Budaya Literasi di Sekolah Dasar Melalui Optimalisasi Perpustakaan: Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri di Surabaya. JU-Ke (Jurnal Ketahanan Pangan), 1(2), 48–58. Kafifah, A., Sugiarti, T., Oktavianingtyas, E., & Jember, U. (n.d.). MENYELESAIKAN SOAL PISA KONTEN Mahasiswa S-1 Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jember. Pratiwi, I. (2019). Efek Program Pisa Terhadap Kurikulum Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 51. https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.1157 Thomson, S., Hillman, K., & De Bortoli, L. (2013). A Teacher’s Guide to PISA Reading Literacy. Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. January, 10–12. https://doi.org/10.31219/osf.io/pcjvx Wulan, A. R. (2010). TAKSONOMI BLOOM-REVISI Revisi Taksonomi Bloom. Jurnal, 9. http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._BIOLOGI/ANA_RATNAWULAN/taksonom i_Bloom_revisi.pdf
Published
2022-12-28
How to Cite
Sari, N. (2022). The Development of PISA Model Reading Literacy Questions Based on Timor Tengah Utara Context. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(3), 42-50. Retrieved from http://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JBI/article/view/3848