Pengaruh Pengeluaran Pemerintah Sektor Pendidikan, Kesehatan Dan Ekonomi Terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Kupang

  • Enike T.Y Dima Universitas Katolik Widya Mandira
  • Beatrix Seran
Keywords: : Pengeluaran pemerintah sektor Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, Indeks pembangunan Manusia (IPM)

Abstract

Penelitian ini ditulis oleh Beatrix Seran 311 16 024. Program studi ekonomi pembangunan di bawah pembimbing I Bapak Daniel Taolin SE,M.Si dan pembimbing II Ibu Enike Tje Yustin Dima, SE.ME dengan judul “Pengaruh Pengeluaran Pemerintah Sektor Pendidikan, Kesehatan dan Ekonomi Terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Kupang”

            Indeks Pembangunan Manusia Di Kota kupang sebagai variabel terikat (dependen),  variabel bebasnya (independen) yaitu belanja pemerintah sektor pendidikan , belanja pemerintah sektor kesehatan dan belanja pemerintah sektor ekonomi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) apakah pengeluaran pemerintah sektor pendidikan, kesehatan dan ekonomi  secara parsial berpengaruh terhadap indeks pembangunan manusia di Kota Kupang tahun 2012-2019? 2) Apakah pengeluaran pemerintah sektor pendidikan, kesehatan dan ekonomi secara simultan berpengaruh terhadap indeks pembangunn manusia di Kota Kupang tahun 2012-2019? Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh pengeluaran pemerintah sektor pendidikan, kesehatan dan ekonomi secara parsial terhadap indeks pembangunan manusia di Kota Kupang tahun 2012-2019. 2) untuk mengetahui pengaruh pengeluaran pemerintah sektor pendidikan, kesehatan dan ekonomi secara simultan terhadap indeks pembangunan manusia di Kota Kupang tahun 2012-2019. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 32 populasi dan juga dijadikan sebegai sampel yang diteliti. Dalam penelitian ini teknik sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel.

Jenis data yang digunakan adalah data time series yaitu tahun 2012-2019. Untuk proses analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan belanja pemerintah sektor pendididkan (X1) belanja pemerintah sektor kesehatan (X2)belanja pemerintah sektor ekonomi (X3)  dan Indeks Pembangunan manusia (Y). Metode pengumpulan data yang menggunakan  studi kepustakaan dan dokumentasi.Terdapat 32 sampel yang diolah dalam penelitian ini dan diolah menggunakan SPSS 20 yaitu dengan empat uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi (R2).

 Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil uji t atau secara parsial variabel pengeluaran sektor pendidikan tidak berpengaruh terhadap IPM, variabel pengeluaran sektor kesehatan berpengaruh terhadap IPM, dan variabel Pengeluaran sektor ekonomi tidak berpengaruh terhadap IPM. Hasil uji F atau secara simultanpengeluaran Pemerintah sektor pendidikan, kesehatan dan ekonomi berpengaruh signifikan terhadap indeks pembangunan manusia. Hasil Koefisien Determinasi (R2) sebesar 0,603 atau 60,3%. sementara sisanya yakni 39,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukankan dalam penelitian ini. 

Published
2020-07-09