Pengaruh Media Iklan, Pesan Iklan dan Kreativitas Iklan Terhadap Efektivitas Iklan Dalam Menumbuhkan Brand Awareness Produk Lee Minerale Pada Masyarakat Kota Kefamenanu Kabupaten Timor Tengah Utara

  • Sirilius Sirna Nafanu Universitas Timor
Keywords: Media Iklan, Pesan Iklan Kreatifitas Iklan, Efektifitas Iklan, Brand Awarnes

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah ada pengaruh secara langsung maupun tidak langsung variabel Media Iklan, Pesan Iklan dan Kreativitas Iklan Terhadap Efektivitas Iklan dalam Menumbuhkan Brand Awareness Produk Lee Minerale Pada Masyarakat Kota Kefamenanu Kabupaten Timor Tengah Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Kefamenanu yang mengetahui produk ikllan le minarale sehingga jumlah sampel yang dijadikan sebagai responden sebanyak 100 orang. Alat analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan anlisis jalur (path analisis). Hasil penelitian membuktikan bahwa Variabel media iklan (X1) tidak mampu memediasi variabel efektifitas iklan (X4) terhadap Brand Awarnes (Y). Hal ini disebabkan karena nilai hubungan langsung pengaruh media iklan (X1) terhadap brand awarness (Y) sebesar 0,052 lebih besar jika dibandingkan dengan pengaruh secara tidak langsung antara variabel media iklan (X1) terhadap kinerja (Y) jika dimediasi oleh efektifitas iklan (X4) yang nilainya hanya sebesar 0,006.  Variabel Pesan Iklan (X2) juga tidak mampu dimediasi oleh variabel efektifitas iklan (X4) terhadap brand awarness (Y), dikarenakan nilai dari pengaruh tidak langsung diperoleh sebesar 0,07 lebih kecil dari pengaruh langsung sebesar 0,219. Variabel kreatifitas Iklan (X3) juga tidak mampu dimediasi oleh variabel efektifitas iklan (X4) terhadap brand awarness (Y), dikarenakan nilai dari pengaruh tidak langsung yang diperoleh sebesar 0,071 masih lebih kecil dari pengaruh langsung yang nilainya sebesar 0,262.

References

Abadi, Hossein R D., Ranjbarian, B., danZade, FaezeK. 2011. Investigate the Customers' Behavioral Intention to Use Mobile Banking Based on TPB, TAM and Perceived Risk (A Case Study in Meli Bank). International Vol.2 and cayaaning di akultase Role mation er 340.
Ahmad Manzur. 2011. Metode Penelitian dan Teknik Penulisan Laporan Karya Ilmiah. Bandung: PAAP FEB-UNPAD.
A Shimp, Terence, “Periklanan Promosi (Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu)”. Jilid I, edisi Terjemahan, Jakarta: Erlangga, 2003.
Durianto, dkk. 2003. Invasi Pasar Iklan Yang Efektif: Stategi Program dan Teknik. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Effendy, Onong Uchjana. 205. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.
Grossman, L. I., Oliet, S., and Del Rio, C. E., 1995, Ilmu Endodontik Dalam Praktek Edisi 11, Jakarta: EGC, p. 248.
Handoko, T. Hani. 2012. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta. BPFE.
Ishida, C., Taylor, S., A. (2012). Retailer Brand experience, Brand experienceCongruence, And Consumer Satisfacation.Journal of Consumer Satisfacation,Dissatisfacation, And Complaining Behaviour. 25, 63. USA: Illinois State University.
Kasali, Rhenald. 2011. Membidik Pasar Indonesia: Segmentasi, Targeting, dan ositioning. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Priyatno Dwi. 2008. Mandiri Belajar SPSS (Untuk Analisis Data dan Uji Statistik), Yogyakarta: MediaKom.
Sharma, T. Patel. And P. Dhaval. (2016). Radial Feeder Protection Using Arduino. Jurnal Yang Dipublikasikan. http://ijiere.com. Diakses pada tanggal 10 April 2018 pukul 18.30 WIB.
Sugiyono. 2004. Metodologi Penelitian Administrasi, Bandung: Alfabet.
Sulaksana.2003. Integrated Marketing Communications; Teks dan Kasus..Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sutisna. 2003. Perilaku konsumen & komunikasi pemasaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Lee, Monle dan Carla Johnson. 2007. Prinsip-Prinsip Periklanan Dalam Perspektif Global. Diterjemahkan oleh Haris Munandar dan Dudi Priatna. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Published
2020-09-20