ANALISIS BALANCED SCORECARD DALAM PENGUKURAN KINERJA RADIO REPUBLIK INDONESIA KUPANG

  • Maria Mawarni Wutun UNWIRA KUPANG
Keywords: Balanced Scorecard, Pengukuran Kinerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pencapaian kinerja RRI Kupang dengan metode Balanced Scorecard sehingga mampu mempertahankan bidang jasa yang dijalankan hingga saat ini. Teknik pengumpulan data adalah wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan Balanced Scorecard yaitu dengan tahapan mengetahui visi dan misi RRI Kupang, identifikasi sasaran strategi dan KPI, melakukan validasi strategis dan KPI, pendefinisian sasaran strategi dan KPI ke dalam Balanced Scorecard.

           Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada LPP RRI Kupang, empat (4) perspektif konsep Balanced Scorecard  (pertumbuhan dan pembelajaran, proses bisnis internal, pelanggan serta keuangan) ditemukan sebelas (11) sasaran strategi untuk melakukan misi demi tercapainya visi yang direncanakan yaitu meningkatkan skill pegawai, meningkatkan kesejahteraan hidup pegawai, meningkatkan kepuasan kerja pegawai, proses inovasi, proses operasi, meningkatkan jumlah pendengar, meningkatkan kepuasan pendengar, kesesuaian perencanaan dan penganggaran, efektivitas pelaksanaan kegiatan, kepatuhan terhadap regulasi dan efisiensi pelaksanaan kegiatan. Dari sebelas sasaran strategis diperoleh 20 Key Performance Index.

          LPP RRI Kupang diharapkan terus menjaga sasaran strategi dan indikator yang sudah ada serta menemukan sasaran strategi dan indikator baru guna mempertahankan dan meningkatkan kinerja maupun memuaskan keinginan para pendengar setia, terus membuat peta strategi berdasarkan sasaran strategi dan indikator yang sudah ada serta berdasarkan sasaran strategi dan indikator baru, harus tetap menjaga hubungan kerja yang baik antarbidang sehingga empat keunggulan yang diharapkan dari Balanced Scorecard (komperhensif, koheren, seimbang dan terukur) terus tercapai seperti yang terjadi sekarang.

Published
2021-01-21
How to Cite
Wutun, M. (2021). ANALISIS BALANCED SCORECARD DALAM PENGUKURAN KINERJA RADIO REPUBLIK INDONESIA KUPANG. Inspirasi Ekonomi : Jurnal Ekonomi Manajemen, 2(4), 1-14. https://doi.org/10.32938/jie.v2i4.865