Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajara Matematika Siswa Di Kelas VII SMP Negeri Nunufafi Pada Materi Bilangan Pecahan Tahun Ajaran 2019/2020

  • Petronella Laurina Talan Mahasiswa Pendidikan Matematika UNIMOR
Keywords: Penemuan Terbimbing, Hasil belajar, Bilangan pecahan

Abstract

Artikel ini berjudul “Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas VII SMP Negeri Nunufafi Pada Materi Bilangan Pecahan TA 2019/2020”. Tujuannya untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui metode penemuan terbimbing pada siswa kelas VII SMPNNunufafi TA 2019/2020  pada materi pecahan.Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMPNNunufafi TA 2019/2020 yang berjumlah 25 orang. Alat pengumpulan data adalah lembar observasi dan soal tes dalam bentuk uraian yang terdiri dari 3 butir soal. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan, pertemuan pertama yaitu proses belajar mengajar dan pertemuan kedua melakukan testdengan indikator keberhasilan ketuntasan kelas 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran penemuan terbimbing prestasi belajar siswa meningkat, berdasarkan hasil tes dari ke dua siklus mengalami peningkatan sebesar 16% siklus I yang mengikuti tes sebanyak 25 orang, yang tuntas 16 orang atau ketuntasan kelasnya 64%  dan  hasil tes siklus II yang mengikuti tes sebanyak 25 orang, yang tuntas sebanyak 20 orang atau ketuntasan kelasnya menjadi 80% pada hasil tes siklus II. Meningkatnya hasil belajar siswa dari  tes siklus I ke tes siklus II tidak terlepas dari upaya perbaikan yang dilakukan peneliti sebelum melaksanakan tindakan pembelajaran siklus II.

References

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta CV

Anitah, 2008. Media Pembelajaran. Surakarta Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 Surakarta.

Aryani, F & Hiltrimartin, C. jurnal pendidikan matematika. 2014-ejournal2.unsri.ac.id.pengembangan LKS untuk metode penemuan terbimbing pada pembelajaran matematikakelas VIII di SMP Negeri 18 palembang. Diambil dari https://scholar.google.co.id diakses pada 12 februari 2019

Cahyo, Agus. 2013. PanduanAplikasi Teori-Teori Belajar Teraktual Dan Terpopuler. Yogyakarta: DIVA Press

Faris, I. 2015. karya ilmiah, penelitian tindakan kelas (PTK) semester VII, semester VII. Diambil dari http://sharematika.blogspot.com//2015/04/pengertian-observasi.html?m=1 di akses pada 20 maret 2019

Hayati, S. 2017. Belajar dan pembelajaran berbasis cooperatif learning. Magelang: graha cendekia

Hamsah, 2011. Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: PT Bumi Aksara.

James. 2017.bentuk tes hasil belajar. Di ambil dari http://www.duniapelajar.com/2013/04/03/pengertian-tes-menurut-para-ahli/ diakses pada 20 maret2019

Karim, A. Jurnal pendidikan. 2011-jurnal upi.edu.penerapan metode pembelajaran penemuan terbimbing dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Diambil dari https://scholar.google.co.id diakses pada 12 februari 2019

Markaban. 2008. Model pembelajaran terbimbing pada pembelajaran matematika SMK. Yokyakarta: pusat pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan matematika

Markaban. 2008. Model Penemuan Terbimbing pada Pembelajaran Matematika SMK. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.

Mariani & Mukhtar. 2017. Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Dalam Upaya MeningkatkanKemampuanPemahaman KonsepMatematikaDiKelasViiiSmp Negeri1 Ajibata. Diambil dari https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpmi/article/download/8906/7767 diakses pada 14 maret 2019

Muhsetyo, dkk. 2010. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nawi. 2012. Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Penalaran Formal Terhadap Hasil Belajar Matematika Sekolah Menengah Atas (Swasta) Al Ulum. Medan: jurnal Tabularasa PPS UNIMED

Paizaluddin dan Ermalinda. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.

Redi. 2012. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Kelas III SDN Tlogo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Semester II Tahun Ajaran 2011/2012. Di ambil darihttp://repository.library.uksw.edu diakses pada tanggal 13 februari 2019.

Sagala. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Satyawati. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Berbasis LKS Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis pada Siswa Kelas X SMA N 1 Bangli. Di ambil dari http://pasca.undiksha.ac.id diakses pada tanggal 13 februari2019.

Sani,A.R (2013). Inovasi pembelajaran, Jakarta:Bumi Aksara

Sutikno, 2014. Metode dan model pembelajaran. Lombok: holistika.

Sanjaya, 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suprihatiningrum. 2013. Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sumarmo, (2013). Disposisi Matematika serta Pembelajarannya. Jurusan Pendidikan Matematika : FMIPA UPI. Trends in International Math

Published
2020-11-05