UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA SMP

  • Hifriodri Selan Mahasiswa Pendidikan Matematika UNIMOR
Keywords: Prestasi belajar, Pendekatan Pembelajaran, Contextual Teaching and Learning (CTL)

Abstract

Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri Fatumfaun Tahun Ajaran 2019/2020.Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dengan Pendekatan pembelajaran Contextual Teahing and Learning Pada Siswa Kelas  VIII SMP Negeri Fatumfaun Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri Fatumfaun Tahun Alajaran 2019/2020, dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) hasil tes (2) lembar observasi.Dari hasil penelitian menunjukan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa SMP Negeri Fatumfaun Tahun Ajaran 2019/2020. Hal ini dilihat dari presentase ketuntasan kelas yang mengalami peningkatan dari siklus I yaitu 35% dan pada siklus II 85%. Berdasarkan hasil analisis data, peneliti menyimpulkan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa SMP Negeri Fatumfaun Tahun Ajaran 2019/2020 pada materi relasi dan fungsi.

References

Dimyati, Mujiyono 2009. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu, Teori Praktik dan Penilaian
Runtukahu, J Tombokan dan Kandou, Selpius. 2014. Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Riyanto, Y. 2009. Paradigma baru pembelajaran: sebagai referensi bagi guru, pendidik dalam implementasi pembelajaran yang efektif dan berkualitas. Penerbit kencana Prenada Media Group. Jakarta. 288 hlm.
Harjati. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hetika 2008. http:// PRESTASI BELAJAR  Pengertian Prestasi Belajarbelajarpsikologi.com. di akses 4 januari 2012.
Muslich, 2008. Pembelajaran Berbasis Kompotensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara
Yamin, M. 2013. Strategi dan metode dalam model pembelajaran. Jakarta: referensi (GP Press Group).
Published
2020-09-30