ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI STATISTIS DALAM MATERI VARIABILITAS

Main Article Content

Iyam Maryati

Abstract

Abstrak


Artikel ini memuat penelitian mengenai kemampuan literasi statistis dalam materi variabilitas. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan literasi statistis dalam materi variabilitas baik secara umum ditinjau dari hasil akhir kemampuan literasi statistis mahasiswa maupun secara khusus ditinjau dari setiap indikator dengan tiga kategori kemampuan literasi statistis mahasiswa yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Subyek penelitian melibatkan 67 orang mahasiswa calon guru pendidikan matematika. metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kualitatif secara deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes uraian dan wawancara. Tehnik analisis data dengan tehnik Miles and Hubberman. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan literasi statistis mahasiswa pada kategori tinggi mampu menyelesaikan semua permasalahan yang disajikan dengan memahami data, menginterprestasikan data, dan mengkomunikasikan data dengan tepat. Mahasiswa kategori sedang menunjukkan kemampuan literasi statistis dalam indikator memahami data hanya terdapat pada soal nomor 1, menginterprestasikan data mengkomunikasikan data sudah dapat melakukannya dengan tepat. Sedangkan untuk mahasiswa kategori kemampuan rendah masih belum mampu memahami data, menginterprestasikan data, dan mengkomunikasikan data sehingga banyak melakukan kesalahan. Peneliti menyarankan agar penelitian selanjutnya memperhatikan model pembelajaran dalam perkuliahan statistika deskriptif untuk meningkatkan kemampuan literasi statistis.

Article Details

Section
Articles

References

Annizar, A. M., Maulyda, M. A., Khairunnisa, G. F., & Hijriani, L. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA pada Topik Geometri. Jurnal Elemen, 6(1), 39–55. https://doi.org/10.29408/jel.v6i1.1688
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. In Pustaka Pelajar.
Bhakti, C. P., & Maryani, I. (2017). Peran LPTK dalam Pengembangan Kompetensi Pedagogik Calon Guru. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik). https://doi.org/10.26740/jp.v1n2.p98-106
Carlson, K., and Winquist, J. (2011). Evaluating an active learning approach to teaching introductory statistics: A classroom workbook approach. Journal of Statistics Education, 19(1).
Croft, T., Kouvela, E., & Martinez, P. M. (2018). This is what you need to be learning: an analysis of messages received by first-year mathematics students during their transition to university. Math Ed Res J, 30(1), 165-183. Https://Doi.Org/10.1007/S13394-017-0226- 2.
Gal. (2004). Statistical literacy: Meanings, components, responsibilities. In J. B. Garfield & D. Ben-Zvi (Eds.),. The Challenge Ofdeveloping Statistical Literacy, Reasoning and Thinking (Pp. 47–78). Dordrecht: Kluwer.
Gall, M. D., Borg, W. R., & Gall, J. P. (1996). Educational research: An introduction. Longman Publishing.
Gundlach, E., Richards, K. A. R., Nelson, D., & Levesque-Bristol, C. (2015). A comparison of student attitudes, statistical reasoning, performance, and perceptions for web-augmented traditional, fully online, and flipped sections of a statistical literacy class. Journal of Statistics Education, 23(1). https://doi.org/10.1080/10691898.2015.11889723
Hafiyusholeh, M., Budayasa, K., & Siswono, T. Y. E. (2017). Literasi statistik : Siswa SMA dalam membaca , menafsirkan , dan menyimpulkan Data. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Isami), 1(1), 79–85. http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/41
Hariyanti, F. (2020). Statistical Literacy Siswa SMP dalam Pembelajaran Matematika. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan. https://doi.org/10.30863/ekspose.v18i2.564
Khaerunnisa, E., & Pamungkas, A. S. (2017). Profil Kemampuan Literasi Statistis Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.970
Maryati, I., Priatna, N., & Martadiputra, B. A. P. (2019). Analysis of madrasah Tsanawiyah students for statistical literacy abilities. Journal of Physics: Conference Series, 1280(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1280/4/042016
Maryati, Iyam. (2019). Peningkatan Kemampuan Literasi Statistis, Penalaran Statistis, dan Disposisi Statistis Siswa Madrasah Tsanawiyah Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Modifikasi. Disertasi, UPI Bandung.
Miles, M. B., Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. Sage.
Murod, R. R., Priatna, N., & Martadiputra, B. A. P. (2019). The Scaffolding Approach to Enhance Senior High School Student’s Statistical Literacy Ability. Journal of Physics: Conference Series, 1227(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1227/1/012028
Nahdi, D. S., Araniri, N., Jatisunda, M. G., Kurino, Y. D., & ... (2021). Statistical Literacy of Pre-Service Islamic Religious Education Teachers. Jurnal Cendekia: Jurnal …, 05(02), 900–908. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/494
Nilasari, N. T., & Anggreini, D. (2019). Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Ditinjau dari Adversity Quotient. Jurnal Elemen, 5(2), 206. https://doi.org/10.29408/jel.v5i2.1342
Pierce, R., & Chick, H. L. (2013). Workplace statistical literacy: Teachers interpreting box plots. Mathematics Education Research Journal, 25, 189–205.
Pulungan, D. A., & Herosian, M. Y. (2019). Pengembangan Instrumen Tes Tingkat Literasi Statistis Siswa. SUPERMAT (JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA). https://doi.org/10.33627/sm.v3i2.259
Ruhyana. (2016). Analisis kesulitan siswa dalam belajar statistik khususnya pada histogram. Jurnal Computech & Bisnis, 10(2), 106–118.
Sari, R. H. N. (2015). Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana? Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Uny 2015, 713–720.
Sharma, S. (2017). Definitions and models of statistical literacy: a literature review. Open Review of Educational Research, 4(1), 118–133. https://doi.org/10.1080/23265507.2017.1354313
Takaria, J., & Talakua, M. (2018a). Kemampuan Literasi Statistik Mahasiswa Calon Guru Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika. Jurnal Kependidikan.
Takaria, J., & Talakua, M. (2018b). The Ability of Statistical Literacy Student Teacher Candidate in Terms of Prior-Ability on Mathematics. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran. https://doi.org/10.21831/jk.v2i2.18768
Tiro, M. A. (2018). Strategi Aksi Gerakan Nasional Literasi Statistika di Indonesia. Seminar Nasional Variansi (Venue Artikulasi-Riset, Inovasi, Resonansi-Teori, Dan Aplikasi Statistika).
Widodo, S. A., Ibrahim, I., Hidayat, W., Maarif, S., & Sulistyowati, F. (2021). Development of Mathematical Problem Solving Tests on Geometry for Junior High School Students. Jurnal Elemen, 7(1), 221–231. https://doi.org/10.29408/jel.v7i1.2973