KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DAN SELF EFFICACY DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING BERBANTUAN MICROSOFT KAIZALA

Main Article Content

Annisa Nurlaela
Sendi Ramdhani
Guntur Maulana Muhammad

Abstract

ABSTRAK


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis dan self efficacy siswa pada pembelajaran berbasis e-learning berbantuan Microsoft Kaizala. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X OTKP 1 SMK Negeri I Cipanas sebanyak 10 orang siswa. Penelitian ini mengunakan instrumen berupa soal tes dan non tes (kuesioner/angket).  Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) kemampuan komunikasi siswa masuk ke dalam kategori baik; 2) Siswa mampu menyelesaikan permasalahan matematika dengan solusi yang tepat. Namun beberapa responden mengalami kendala dalam merancang permasalahan matematika. Responden tersebut mampu menyelesaikan masalah, namun belum mampu merancang situasi matematika dengan tepat. Siswa harus terbiasa dilatih dalam merancang  permasalahan matematika berdasarkan ide dan keterangan yang dekat dengan kehidupan sehari-hari, kemudian menyelesaikan permasalahan tersebut. 3) Pada tahap pengujian self efficacy, siswa memilki self efficacy cukup tinggi. Pembelajaran berbasis e-learning direkomendasikan menjadi salah satu alternatif metode pembelajaran yang dapat meningkatkan self efficacy siswa.

Article Details

Section
Articles

References

Ariani, D.N. (2017). Strategi Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SD/MI. MUALLIMUNA: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, Volume 3, Nomor 1 Oktober 2017. 96-107
Ariawan, R. & Nufus, H. (2017). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics) Vol. 1 No. 2, 82-91
Buku
Hodiyanto. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu | Vol.7 No.1 | Juni 2017. 9-18
Irfan, M. dan Suprapti, V. (2014). Hubungan Self-Efficacy dengan Penyesuaian diri terhadap Perguruan Tinggi pada Mahasiswa Baru Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan Volume 3, No. 3. 172-178
Juhrani, dkk. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa pada Model Pembelajaran Mea. Unnes Journal of Mathematics Education Research 6 (2) 2017, 251 – 258
Kurnia, H.I., dkk. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP Ditinjau dari Resiliensi Matematik. JPMI Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif Volume 1, No. 5, September 2018. 933-939
Mukti, G.Y.F. (2020). Efikasi Diri Siswa SMP dalam Praktik Online Education Sebagai Immediate Effect di Masa Pandemi. (Skripsi). Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga
Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Prenadamedia Grup
Subaidi, A. (2016). Self-Efficacy Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. ∑IGMA, Volume 1, Nomor 2, Maret 2016. 64-68
Sunaryo, Y. (2017). Pengukuran Self Efficacy Siswa dalam Pembelajaran Matematika di MTsN 2 Ciamis. Jurnal Teori dan Riset Matematika (TEOREMA) Vol. 1 No. 2, Maret 2017. 39-44
Susilawati, dkk. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Barisan dan Deret Berbasis Mobile Learning Berbantuan Microsoft Kaizala Berorientasi Kemampuan Berpikir Kreatif dan Self Efficacy Siswa. (Skripsi). Universitas Pasundan, Bandung
Yuliyani, R., Handayani, S.D., & Somawati. (2017). Peran Efikasi Diri ( Self Efficacy ) dan Kemampuan Berpikir Positif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif 7(2), 130-143
Kurniawan, S. (2018). Mengenal Kaizala, Aplikasi Mobile Besutan Microsoft. [Online]. Diakses dari https://marketeers.com/mengenal-kaizala-aplikasi-mobile-besutan-microsoft/