ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL GRUP

Main Article Content

Reliyanti Natalia Ellu
Oktovianus Mamoh
Sulasri Suddin

Abstract

Mata kuliah struktur aljabar merupakan salah satu mata kuliah wajib dalam program studi pendidikan matematika. Salah satu topik yang dibahas dalam mata kuliah struktur aljabar adalah teori grup. Teori grup merupakan mata kuliah struktur aljabar yang memperkenalkan konsep tentang aljabar modern sehingga dalam mempelajarinya mahasiswa dituntut untuk memiliki kemampuan berpikir logis dan bernalar secara sistematis karena mata kuliah struktur aljabar sarat dengan definisi dan teorema. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis mahasiswa dalam menyelesaikan soal grup. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, penelitian ini telah dilaksanakan di program studi pendidikan matematika Universitas Timor, tahun 2021. Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa yang berkemampuan tinggi dinyatakan mampu bernalar pada seluruh tahap kemampuan penalaran matematis yaitu tahap analize, generalize, shyntesize dan  justify, mahasiswa yang berkemampuan sedang dinyatakan mampu bernalar pada tahap analize  dan generalize, sedangkan mahasiswa yang berkemampuan rendah hanya mampu bernalar pada tahap analize.


Kata Kunci: Analisis Kemampuan Penalaran; Soal grup

Article Details

Section
Articles