APAKAH THINK-PAIR-SHARE DAPAT MENGURANGI KECEMASAN MATEMATIKA SISWA SMP?

Main Article Content

Yosepha Patricia Wua Laja
Heri Retnawati

Abstract

Kecemasan yang dialami para siswa dapat mempengaruhi bagaimana siswa tersebut berpikir, bertindak dan berhubungan dengan pelajaran matematika. Salah satu solusi yang digunakan untuk mengurangi kecemasan matematika siswa adalah dengan menerapkan suatu teknik pembelajaran kooperatif think-pair-share. Teknik ini diawali dengan berpikir tentang jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh guru, berpasangan untuk mendiskusikan jawaban dan berbagi dalam kelompok yang lebih besar. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk melihat apakah teknik think-pair-share dapat mengurangi kecemasan matematika siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas model spiral Kemmis dan Tanggart yang terdiri dari dua siklus dengan tahap awal menyusun target pencapaian indicator keberhasilan penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata kecemasan siswa pada kondisi awal sebesar 96 (Tinggi), kemudian menurun menjadi 85 (Tinggi) pada siklus I dan 73 (Sedang) di akhir siklus II. Sedangkan presentase keterlaksanaan pembelajaran dengan teknik think-pair-share pada akhir siklus I sebesar 75,5% dan pada akhir siklus II sebesar 87%. Hal ini mengindikasikan bahwa dengan memberikan tindakan berbagi jawaban dan menjelaskan di depan kelas bersama pasangan kepada teman-teman lain pada penerapan pembelajaran kooperatif teknik think-pair-share dapat mengurangi kecemasan matematika siswa SMP.

Article Details

Section
Articles

References

Arends, R. I., & Kilcher, A. (2010). Teaching for Student Learning Becoming an Accomplished Teacher. Routledge Taylor & Francis Group.New York and London.

Ebel, R. L. and Frisbie, D .A. (1991). Essentials of Educational Measurement. 5th Edition, Prentice-Hall, Englewood Cliffs.

Elliot, C. H., & Smith, L. L. (2006). Anxiety 7 Depression Workbook for Dummies. Indianapolis: Wiley Publishing, Inc.

Haylock, D., & Thangata, F. (2007). Key concepts in teaching primary mathematics. London: SAGE Publications Ltd.

Kothiyal, A., dkk. (2013). Effect of Think-Pair-Share in a Large CS1 Class : 83 % Sustained Engagement. International Journal of Educational Technology IIT Bombay, India, (online), (http://www.it.iitb.ac.in/), diakses pada 27 Maret 2018,

J. Dindyal, L. P. Cheng & S. F. Ng (Eds.). (1993). Mathematics education: Expanding horizons. Proceedings of the 35th annual conference of the Mathematics Education Research Group of Australasia. (pp. 570-577). Singapore: MERGA

Kusuma, Wijaya dan Dedi. (2010). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Index.

M., Puteh, & S. Z., Khalin. (2016). Mathematics Anxiety and Its Relationship with the Achievement of Secondary Students in Malaysia. International Journal of Social Science and Humanity, 6(2), (pp.119–122).

Norwood, K. S. (1994). The Effect of Instructional Approach on Mathematics Anxiety and Achievement.School Science and Mathematics. 94(5),(pp. 248-254).

Saputra, P. R. (2014). Kecemasan Matematika Dan Cara Menguranginya ( Mathematic Anxiety and How To Reduce It ). Pythagoras, 3(2), 75–84.

Titsankaew, Pichaya. (2015). The Effects of using Cooperative Learning on Student’s Achievement and Attitude toward Mathematics Prosiding The International Conference on Language, Education, Humanities and Innovation 2015, (pp. 83-87).

Woodard, B. T. (2004). The Effects of Math Anxiety on Post-Secondary Developmental Students as Related to Achievement, Gender, and Age. Inquiry, 9(1), 1-5.

Zakaria, E., & Nordin, N. M. (2008). The effects of mathematics anxiety on matriculation students as related to motivation and achievement. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 4(1), 27–30.

Zeidner, M., & Matthews, G. (2011). Anxiety 101. New York: Springer Company.