Analisis Level Kemampuan Pemahaman Matematis dan Metakognitif Siswa SMP

Main Article Content

Mohamat Rozali Ramadhan
Hafsah Adha Diana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui level kemampuan pemahaman matematis dan level metakognitif pada siswa SMP. Pengukuran level kemampuan pemahaman matematis menggunakan soal penilaian harian sesuai dengan indikator kemampuan pemahaman yang sudah divalidasi oleh dosen pendidikan matematika dan guru matematika. Penelitian ini dilakukan di salah satu SMP Negeri Kota Bekasi dengan populasi 1 kelas dengan jumlah 32 siswa, dengan sampel 6 siswa menggunakan kriteria hasil kemampuan pemahaman matematis yaitu istimewa, amat baik, baik, cukup, kurang dan amat kurang. Hasil pada penelitian ini (1) kemampuan pemahaman matematis dari 32 siswa memiliki rata-rata dengan kriteria amat kurang; (2) hanya siswa yang memiliki kriteria istimewa dan amat baik yang memiliki level metakognitif di atas 1, sedangkan kriteria baik sampai amat kurang memiliki metakognitif di level 1; (3) metakognitif bisa menjadi solusi untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa.

Article Details

Section
Articles