A PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK

Main Article Content

YOHANES PAULUS BHOKA
Vinsensius Herianto Ndori
Nurfitriah Safrudin

Abstract

Model pembelajaran inquiri merupakan rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan. Penerapan model ini diharapkan dapat meningkatkan hasil peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran inquiri dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik.Model penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terbagi dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, peleksanaan, pengamatan, dan refleksi.Instrumen yang digunakandalampenelitianini yaitu lembar observasi dan soal tes. Penelitian ini dimulai dengan pretest untuk melaksanakan siklus I yang sekaligus untuk mengetahui kondisi awal peserta didik. Hasil dari siklus satu dijadikan sebagai refleksi untuk melakukan tindakan pada siklus II. Berdasarkan hasil dari prasikus, siklus I, siklus II dilakukan analisisuntuk mengambil suatu kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan terjadinya peningkatan dari prasiklus 21,1%, pada siklus I menjdi 57,9% sedangkan pada siklus II menjadi 89,4%.Kesimpulannya adalah dengan menggunakan model pembelajaran inquiri dapat meningkatan hasil belajar matematika peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran inquiri.

Article Details

Section
Articles

References

Haryono.(2015). Bimbingan Teknik Menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Purworejo: Amara Books

Misyanto. (2016). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V PadaMata Pelajaran Matematika. Anterior Jurnal, 15(2), 144–150.

Majid, Abdul (2016). Strategi Pembelajaran. RemajaRosdakarya: Bandung
Perdana, S. A., & Slameto. (2016). Penggunaan Metode Problem Based Learning (PBL)Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 73–78.

Ristanty, E., Dinnullah, R. N., & Farida, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran InkuiriTerbimbing Pada Materi Segiempat dan Segitiga Terhadap Pemahaman Konsep MatematikaDi Smp Islam Soerjo Alam. Pi:Mathematics Education Journal, 1(1), 8–14.

Rawa, N.R. (2017). Tingkat metakognitif mahasiswa program studi PGSD pada pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar introvertekstrovert.JurnalTunasBangsa.4(2),229-245.

Rukiyanto.(2015). Peningkatan hasil Belajar Materi Anuitas dengan Strategi Pembelajaran Kooperatif Teknik STAD pada Kelas XI Akuntansi 1 SMK Negeri PelaihariKabupaten Tanah Laut. EDUMATJurnal Pendidikan Matematika, Volume 3, Nomor 1, April2015, 8-19.

Rawa, N.R., Niftalia, I. & Widiastika, I.G. (2018). Pengembangan bahan ajar matematika model inquiry learning berbantuan perangkat phet simulation untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP.JurnalIlmiah Pendidikan Citra Bakti. 5(2), 44 – 57.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kualitatif,kuantitatif dan R&D. Bandung: Pt Alfabet.

Winarso, W., & Dewi, W. Y. (2017). Berpikir kritis siswa ditinjau dari gaya kognitif visualizer danverbalizer dalam menyelesaikan masalah geometri. BETA Jurnal Tadris Matematika, 10(2),117-133.