PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK

Main Article Content

YOHANES PAULUS BHOKA
Vinsensius Herianto Ndori
Nurfitriah Safrudin

Abstract

Model pembelajaran inquiri merupakan rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan. Penerapan model ini diharapkan dapat meningkatkan hasil peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran inquiri dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik.Model penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terbagi dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, peleksanaan, pengamatan, dan refleksi.Instrumen yang digunakandalampenelitianini yaitu lembar observasi dan soal tes. Penelitian ini dimulai dengan pretest untuk melaksanakan siklus I yang sekaligus untuk mengetahui kondisi awal peserta didik. Hasil dari siklus satu dijadikan sebagai refleksi untuk melakukan tindakan pada siklus II. Berdasarkan hasil dari prasikus, siklus I, siklus II dilakukan analisisuntuk mengambil suatu kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan terjadinya peningkatan dari prasiklus 21,1%, pada siklus I menjdi 57,9% sedangkan pada siklus II menjadi 89,4%.Kesimpulannya adalah dengan menggunakan model pembelajaran inquiri dapat meningkatan hasil belajar matematika peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran inquiri.

Article Details

Section
Articles