PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA MATERI BANGUN DATAR

Main Article Content

Ari Septian
Sarah Inayah
Jeni Irpan Pelani

Abstract

Tujuan penelitian ini Macromedia flash dapat digunakan sebagai multimedia pembelajaran. Akan tetapi masih jarang guru yang menggunakan aplikasi tersebut Macromedia flash dapat dibuka menggunakan komputer, laptop dan handphone. Sebagai multimedia pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengembangkan pembelajaran matematika di SMP dalam materi bangun datar dan mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran dari berbagai validasi ahli media dan ahli materi dari dosen pendidikan matematika FKIP UNSUR serta Guru pendidikan matematika. Dalam multimedia pembelajaran tersebut disajikan materi , contoh soal, kuis dan gambar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Macromedia flash ini dikembangkan menurut validasi ahli media dan ahli materi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa multimedia pembelajaran matematika berbasis Macromedia flash menurut ahli media memenuhi kategori Layak dengan persentase mencapai 78%. Sedangkan menurut ahli materi memenuhi kategori Layak dengan persentase mencapai 73% Secara rata – rata keseluruhan, multimedia pembelajaran matematika berbasis Macromedia flash ini memenuhi kategori Layak dengan persentase mencapai 76% sehingga efektif sebagai multimedia pembelajaran matematika berbasis Macromedia flash dan bisa digunakan kapanpun.

Article Details

Section
Articles

References

Budiman, H., & Esvigi, I. (2017). Implementasi Strategi Mathematical Habits of Mind (MHM) Berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. PRISMA, 6(1). https://doi.org/10.35194/jp.v6i1.26

Daryanto, & Karim, S. (2017). Pembelajaran abad 21. Gaya Media, 26.

Hendriawan, M. A., & Septian, A. (2019). Pengembangan JiMath Sebagai Multimedia Pembelajaran Matematika Berbasis Android Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 2(1), 45. https://doi.org/10.30738/indomath.v2i1.2785

Maskur, R., Sumarno, Rahmawati, Y., Pradana, K., Syazali, M., Septian, A., & Palupi, E. K. (2020). The effectiveness of problem based learning and aptitude treatment interaction in improving mathematical creative thinking skills on curriculum 2013. European Journal of Educational Research, 9(1), 375–383. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.375

Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014

Milovanović, M., Takači, urica, & Milajić, A. (2011). Multimedia approach in teaching mathematics - example of lesson about the definite integral application for determining an area. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 42(2), 175–187. https://doi.org/10.1080/0020739X.2010.519800
Rahmawati, N. I. (2018). Pemanfaatan ICT dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, 1, 381–387.

Sadiyyah, R., Gustiana, M., Panuluh, S. D., & Sugiarni, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Berbasis Mobile Learning untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. PRISMA, 8(1), 80. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.616

Seabra, C., & Almeida, A. M. (2015). Project Management on Multimedia Projects: Preliminary Results on Communication, Interaction and Team Work Dynamics. Procedia Computer Science, 64, 816–823. https://doi.org/10.1016/j.procs.2015.08.633

Septian, A. (2017). Penerapan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Suryakancana. PRISMA, 6(2). https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.212
Septian, A., Darhim, & Prabawanto, S. (2020). Geogebra in integral areas to improve mathematical representation ability Geog
ebra in integral areas to improve mathematical representation ability. Journal of Physics: Conference Series, 1613(2020). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1613/1/012035

Septian, A., Gustiana, M., & Wulandari, D. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Peningkatan Kemampuan Koneksi. Range: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 47–55.

Septian, A., Inayah, S., Suwarman, R. F., & Nugraha, R. (2019). GeoGebra-Assisted Problem Based Learning to Improve Mathematical Problem Solving Ability. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 467(Semantik), 67–71.

Septian, A., & Komala, E. (2019). Kemampuan Koneksi Matematik dan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Problem-Based Learning (PBL) Berbantuan Geogebra di SMP. PRISMA, 8(1), 1–13. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.438

Setyono, T., Eka, L., Deswita, H., & Belakang, A. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Macromedia Flash Pada Materi Bangun Ruang Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasir Pengaraian, 2(1), 1–10.

Sugiyono. (2017). Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Evaluasi. In Metodelogi Penelitian.

Tahun, A. I., & Kelen, Y. P. K. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Teorema Phytagoras Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Numbered HeadsTogether ( NHT ) berbasis multimedia. Range: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 79–84.

Widyastuti, E., & Susiana. (2019). Using the ADDIE model to develop learning material for actuarial mathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012052