EKSPLORASI AKTIVITAS ETNOMATEMATIKA DI PASAR TRADISIONAL NOEMUTI KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA (TTU)

Main Article Content

Dominikus Kou
Selestina Nahak
Oktovianus Mamoh

Abstract

Matematika dan budaya merupakan dua hal yang memiliki keterkaitan yang sangat erat, karena matematika merupakan ilmu yang digunakan untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari – hari sedangkan budaya merupakan kebiasaan – kebiasaan yang dihayati dan dihidupi oleh masyarakat di tempat dan daerah tertentu sebagai satu pedoman dalam hidup bersama. Keterkaitan antara matematika dan budaya dikenal dengan istilah etnomatematika. Etnomatematika merupakan matematika yang tumbuh dan berkembang dalam budaya. Dengan menerapkannya etnomatematika sebagai suatu pendekatan pembelajaran, wawasan siswa akan semakin luas dan juga siswa akan lebih mudah dalam mempelajari matematika karena langsung terkait dengan budaya yang merupakan aktivitas mereka sehari – hari. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan aktivitas etnomatematika di Pasar Tradisional Noemuti Kabupataen Timor Tengah Utara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial, dan analisis tema budaya. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat konsep – konsep matematika pada aktivitas di Pasar Tradisional Noemuti Kabupaten Timor Tengah Utara  antara lain: konsep himpunan, aritmetika sosial, persamaan linear, penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, diskon, bilangan kardinal serta prinsip matematika yaitu prinsip perbandingan yang dapat diimplementasikan kedalam pembelajaran matematika di sekolah dalam bentuk pembuatan soal-soal matematika.  Oleh karena itu peneliti menyarankan agar guru dapat menjadikan hasil eksplorasi aktivitas etnomatematika di Pasar Tradisioal Noemuti Kabupaten Timor Tengah Utara  sebagai penerapan pembelajaran matematika kontekstual.

Article Details

Section
Articles

References

Angriani, D. A. (2013). Keefektifan Model Kooperatif Tipe Tai Dengan Pendekatan Realistik Dalam Pembelajaran Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kleas VIII SMP Negeri 4 Sinjai Utara. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran (MAPAN), 57.
Amsikan, S. & Nahak, S. (2017). Hubungan Konsep Ruang Ume Kbubu Desa Kaenbaun Kabupaten Timor Tengah Utara Dengan Konsep Geometri. KNPMP II: Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta
D'Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics And Its Place In The History And Pedagogy Of Mathematics For The Learning Of Mathematic.
Funan, F.X. & Mamoh. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Uem Le’u Insana dalam Kaitannya dengan Konsep Geometri. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (1), (pp. 87-91).
Indiyani, S. (2018). Eksplorasi Etnomatematika Pada Aksara Lampung. Skripsi,(pp. 25-26).
Supriadi, Arysetyawan, A., & Tiurlina. (2016). Mengintegrasikan Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya Banten Pada Pendirian SD Laboratorium UPI Kampus Serang. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar, 2.
Suwarsono, M. Y. (2019). Eksplorasi Aspek Etnomatematika pada Rumah Adat Kampung Sawu Nusa Tenggara Timur. Prosiding Sendika.
Turmudi. (2017). Apa Mengapa Dan Bagaimana Implementasi Dalam Pembelajaran Matematika Dalam Kelas. Seminar Nasional Matematika (2nd Senatik) Program Studi Pendidikan FPMIPATI - Universitas PGRI Semarang. Semarang: Prosiding.
Tlonaen, M.A. & Deda Y.N. (2021). Exploration Ethnomathematics on Traditional House Ume Kbubu in North Central Timor Districts. Journal of Physics: Conference Series 1776 (1), 012016.