http://jurnal.unimor.ac.id/JPM/issue/feed RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika 2022-01-26T05:46:24+00:00 Yohanis Ndapa Deda yndapadeda@unimor.ac.id Open Journal Systems <p><strong>R A N G E :</strong></p> <p style="text-align: justify; font-size: 12;">Jurnal Pendidikan Matematika dengan <strong>ISSN Online <a href="http://u.lipi.go.id/1561684928">2685-2373</a></strong> adalah Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika UNIMOR yang mempublikasikan naskah ilmiah hasil penelitian atau kajian teoritis&nbsp;dalam bidang pendidikan matematika yang belum pernah dipublikasikan melalui proses <em>peer rewiew</em>. Jurnal Range diterbitkan dua kali setahun yaitu pada bulan Januari dan Juli.&nbsp;</p> http://jurnal.unimor.ac.id/JPM/article/view/1100 STUDI KOMPARASI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMK KELAS X PADA PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING DI ERA PANDEMI COVID-19 2022-01-25T08:36:52+00:00 Anita Astriyanti sri.rejeki@ums.ac.id Sri Rejeki sri.rejeki@ums.ac.id <p><em>The Covid-19 pandemic is an extraordinary event that is currently hitting various parts of the world. Many of the consequences caused by this outbreak of this virus. Limitation of social interaction (social distancing) in an effort to break the chain of the spread of Covid-19 was taken and followed government health protocols. Online learning as an alternative to learning in the midst of the Covid-19 pandemic. Learning that is carried out indirectly and is in a network, of course, makes students must have strong learning motivation to achieve maximum learning outcomes. There are two objectives in this study, namely 1) to analyze and test the differences in learning outcomes of class X students of SMK Muhammadiyah Kartasura in offline learning before the Covid-19 pandemic era and in online learning in the Covid-19 pandemic era, 2) Analyze and test the influence of motivation on outcomes. class X student of SMK Muhammadiyah 1 Kartasura in online learning in the Covid-19 pandemic era. This research uses a quantitative approach with the type of comparative causal research. The results of this study indicate that there are significant differences in the average learning outcomes of Class X Vocational School students in offline learning before the Covid-19 pandemic era and in online learning in the Covid-19 pandemic era. Student learning outcomes in offline learning are higher than in online learning. Meanwhile, the one-way Anova test results show that there is an influence of motivation on learning outcomes of class X Vocational High School students in online learning in the era of the Covid-19 pandemic. Students have high motivation to learn in the high and low groups.</em></p> 2022-01-25T07:50:19+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.unimor.ac.id/JPM/article/view/1247 PENGAPLIKASIAN BATIK SIDOLUHUR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS SOAL OPEN-ENDED UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA 2022-01-25T08:36:51+00:00 Zahrina Salsabila zahrinasalsabila59@gmail.com Suparni Suparni Suparni@uin-suka.ac.id <p>Batik adalah budaya yang populer di Indonesia. Salah satunya adalah batik Sidoluhur. Selain menjadi budaya yang dapat digunakan dalam pentas seni, dan upacara adat di suatu daerah tertentu. Batik Sidoluhur juga dapat diaplikasikan dalam pembelajaran matematika realistik berbasis open-ended. Hal ini bertujuan untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengkaji aspek-aspek matematika pada batik sidoluhur dan mengaplikasikan batik Sidoluhur dalam pembelajaran matematika realistik berbasis soal open-ended. Data dari penelitian ini diperoleh dari studi kepustakaan, dan dokumentasi yang sudah dilakukan peneliti. Dokumentasi penelitian berupa gambar batik yang akan digunakan dalam pembelajaran matematika. Hasil yang diperoleh dari kajian dalam penelitian ini bahwa batik Sidoluhur mengandung konsep-konsep matematika, dan batik Sidoluhur juga dapat diaplikasikan ke dalam pembelajaran matematika realistik berbasis open-ended yang dapat memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif siswa.</p> 2022-01-25T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.unimor.ac.id/JPM/article/view/1937 KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMK DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENT 2022-01-26T05:46:24+00:00 Silva Dwi Lestari silvadwilestari01@gmail.com Sumarni Sumarni marnie.1205@gmail.com Mohamad Riyadi mohamad.riyadi@uniku.ac.id <p><em>The purpose of this study is to analyze the mathematical problem-solving ability of SMK students with cognitive style Field Independent (FI) and Field Dependent (FD). The type of research is qualitative research with descriptive method. The research subjects are 23 students of class X SMK who had studied the Linear Programming material and four people were taken for analysis, namely two FI students and two FD students. Subjects are taken using a purposive sampling technique. This research instrument uses the Group Embedded Figures Test (GEFT), tests of mathematical problem-solving ability and interview guidelines. The results showed that the first FI subject who had a very good problem-solving ability category met all the indicators of problem-solving ability. The second FI subject who has a good problem-solving ability category meets three indicators of problem-solving ability. The first FD subject who has sufficient problem-solving ability category cannot fulfill all problem-solving indicators. The second FD subject who has a problem-solving ability category is sufficient to meet two indicators of problem-solving ability. It can be concluded that the problem solving ability of SMK students is quite good.</em></p> 2022-01-25T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.unimor.ac.id/JPM/article/view/2021 ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI PADA MATERI MATRIKS DITINJAU BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA 2022-01-25T08:36:52+00:00 Ashilla Hanun Sanvi ashillahanun@gmail.com Hafsah Adha Diana adhadiana@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan numerasi ditinjau berdasarkan kemampuan awal matematika. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan subjek terdiri dari 34 siswa kelas XI IPS tahun ajaran 2020/ 2021. Instrumen berupa tes kemampuan awal matematika, tes kemampuan numerasi dan wawancara. Berdasarkan hasil tes awal kemampuan matematika diperoleh siswa dengan kemampuan awal matematika sangat tinggi sebanyak 38.3%, kemampuan awal matematika tinggi sebanyak 26.4%, kemampuan awal matematika sedang sebanyak 8.8%, kemampuan awal matematika rendah sebanyak 11.8%, kemampuan awal matematika sangat rendah sebanyak 14.7%. Dari setiap kemampuan awal matematika tersebut diberikan tes kemampuan numerasi dan wawancara diperoleh hasil, subjek dengan kemampuan sangat tinggi, tinggi, dan sedang yang mampu memenuhi sebagian dari indikator pemecahan masalah dan indikator numerasi sedangkan untuk subjek dengan kemampuan rendah dan sangat rendah sama sekali belum mampu memenuhi kedua indikator tersebut.</p> 2022-01-25T07:53:34+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.unimor.ac.id/JPM/article/view/2008 ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS XII IPA DI SMA KORPRI BEKASI 2022-01-25T08:36:52+00:00 Ajeng Meilani ajeng.meilani@mnccollege.id Hafsah Adha Diana adhadiana@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini untuk melihat kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan kecerdasan emosional. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sampel penelitian ini adalah 3 siswa dengan kecerdasan emosional rendah, sedang, dan tinggi. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan hasil tes, angket, dan wawancara. Hasil analisis dari penelitian ini adalah siswa yang kecerdasan emosionalnya tinggi mampu menyelesaikan masalah dengan benar dan tepat sesuai dengan indikator pemecahan masalah, siswa yang kecerdasan emosionalnya sedang mampu memberikan solusi namun masih terdapat kesalahpahaman pada tahapan awal penyelesaian masalah yaitu pada proses menginterpretasikan informasi sehingga memberikan solusi yang kurang tepat, siswa yang kecerdasan emosionalnya rendah belum mampu menyelesaikan masalah karena ketidakpahaman konsep sehingga hasil yang diberikannya belum mengarah kepada solusi yang tepat.&nbsp;&nbsp;</p> 2022-01-25T07:55:31+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.unimor.ac.id/JPM/article/view/2025 PENGEMBANGAN SOAL KONEKSI MATEMATIS PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL 2022-01-25T08:36:53+00:00 Dwi Aroma Syorga aromasyorga@gmail.com Ristontowi Ristontowi tontowi1966@gmail.com <p>Penelitan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa soal-soal kemampuan koneksi matematis siswa yang valid dan praktis. Subjek dari penelitian ini adalah&nbsp; siswa kelas VII SMP. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Tessmer 1993(dimodifikasi oleh Zulkardi, 2006). yang terdiri dari beberapa tahapan, yaitu: <em>preliminary, self evaluation, expert review dan one-to-one.</em> Subjek dari penelitian ini adalah 6 orang siswa kelas VII . Teknik analisis data dalam penelitian ini yakni analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan, maka diperoleh bahwa soal-soal yang dikembangkan&nbsp; telah&nbsp; valid berdasarkan penilaian dari komentar validator (<em>expert rewiew</em>) dan praktis berdasarkan hasil jawaban dan wawancara oleh siswa</p> 2022-01-25T07:56:50+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.unimor.ac.id/JPM/article/view/1391 KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DAN SELF EFFICACY DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING BERBANTUAN MICROSOFT KAIZALA 2022-01-25T08:36:53+00:00 Annisa Nurlaela icut0305@gmail.com Sendi Ramdhani sendiramdhani18@gmail.com Guntur Maulana Muhammad gunturmau@gmail.com <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis dan <em>self efficacy</em> siswa pada pembelajaran berbasis <em>e-learning</em> berbantuan <em>Microsoft Kaizala. </em>Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X OTKP 1 SMK Negeri I Cipanas sebanyak 10 orang siswa. Penelitian ini mengunakan instrumen berupa soal tes dan non tes (kuesioner/angket).&nbsp; Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) kemampuan komunikasi siswa masuk ke dalam kategori baik; 2) Siswa mampu menyelesaikan permasalahan matematika dengan solusi yang tepat. Namun beberapa responden mengalami kendala dalam merancang permasalahan matematika. Responden tersebut mampu menyelesaikan masalah, namun belum mampu merancang situasi matematika dengan tepat. Siswa harus terbiasa dilatih dalam merancang&nbsp; permasalahan matematika berdasarkan ide dan keterangan yang dekat dengan kehidupan sehari-hari, kemudian menyelesaikan permasalahan tersebut. 3) Pada tahap pengujian <em>self efficacy</em>, siswa memilki <em>self efficacy</em> cukup tinggi. Pembelajaran berbasis <em>e-learning</em> direkomendasikan menjadi salah satu alternatif metode pembelajaran yang dapat meningkatkan <em>self efficacy</em> siswa.</p> 2022-01-25T07:58:13+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.unimor.ac.id/JPM/article/view/2016 ANALISIS KESIAPAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SECARA BLENDED LEARNING DALAM MASA TRANSISI 2022-01-25T08:36:53+00:00 Lintang Ega Shavira lintangega93@gmail.com Leana Iramaya Phasa iramaya@gmail.com Muhammad Muchlishin muchlishin@gmail.com Sumbaji Putranto sumbaji@gmail.com <p>This research was conducted to see the readiness of students in implementing blended learning mathematics in the current transition period. Blended learning was chosen as a way of learning for students with a mixture of online and offline. This was implemented after the community evenly carried out a vaccination program from the government to prevent the Covid-19 virus. The readiness of students to take part in learning mathematics is judged by how students fill out questionnaires in the Google Form that we distribute. Students fill in several questions in the form of short questions, multiple choice with two options and several Likert scales that we have made. The method used in this study is a qualitative descriptive method using a questionnaire technique. Respondents in this study were students at one of the Madrasah Aliyah in Wonosari, Gunung Kidul Regency, Yogyakarta who were selected randomly. The result of this study indicate that students can accept learning with the Blended Learning method in this transition periodperiod with 50% no problem and 35,7% ready in this learning. However, as many as 64,3% of students want offline learning and 7,1% want online learning.&nbsp; Then the remaining 28,6% of students want Blended Learning.</p> 2022-01-25T07:59:18+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.unimor.ac.id/JPM/article/view/1613 ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL GRUP 2022-01-25T08:36:53+00:00 Reliyanti Natalia Ellu nataliareliyanti@gmail.com Oktovianus Mamoh oktomamoh01@gmail.com Sulasri Suddin sulasri.suddin@gmail.com <p>Mata kuliah struktur aljabar merupakan salah satu mata kuliah wajib dalam program studi pendidikan matematika. Salah satu topik yang dibahas dalam mata kuliah struktur aljabar adalah teori grup. Teori grup merupakan mata kuliah struktur aljabar yang memperkenalkan konsep tentang aljabar modern sehingga dalam mempelajarinya mahasiswa dituntut untuk memiliki kemampuan berpikir logis dan bernalar secara sistematis karena mata kuliah struktur aljabar sarat dengan definisi dan teorema. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis mahasiswa dalam menyelesaikan soal grup. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, penelitian ini telah dilaksanakan di program studi pendidikan matematika Universitas Timor, tahun 2021. Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa yang berkemampuan tinggi dinyatakan mampu bernalar pada seluruh tahap kemampuan penalaran matematis yaitu tahap <em>analize, generalize, shyntesize </em>dan <em>&nbsp;justify, </em>mahasiswa yang berkemampuan sedang dinyatakan mampu bernalar pada tahap <em>analize </em>&nbsp;dan <em>generalize, </em>sedangkan mahasiswa yang berkemampuan rendah hanya mampu bernalar pada tahap <em>analize</em>.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Analisis Kemampuan Penalaran; Soal grup</p> 2022-01-25T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement##