RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika http://jurnal.unimor.ac.id/JPM <p><strong>R A N G E :</strong></p> <p style="text-align: justify; font-size: 12;">Jurnal Pendidikan Matematika dengan <strong>ISSN Online <a href="http://u.lipi.go.id/1561684928">2685-2373</a></strong> adalah Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika UNIMOR yang mempublikasikan naskah ilmiah hasil penelitian atau kajian teoritis&nbsp;dalam bidang pendidikan matematika yang belum pernah dipublikasikan melalui proses <em>peer rewiew</em>. Jurnal Range diterbitkan dua kali setahun yaitu pada bulan Januari dan Juli.&nbsp;</p> en-US <p>&lt;!-- made by www.metatags.org --&gt;<br>&lt;meta name="description" content="jurnal ini mencakup bidang pendidikan matematika" /&gt;<br>&lt;meta name="keywords" content="metode pembelajaran, evaluasi pembelajaran, etnomatematika" /&gt;<br>&lt;meta name="author" content="metatags generator"&gt;<br>&lt;meta name="robots" content="index, follow"&gt;<br>&lt;meta name="revisit-after" content="3 month"&gt;<br>&lt;title&gt;RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika&lt;/title&gt;<br>&lt;!-- --&gt;</p> yndapadeda@unimor.ac.id (Yohanis Ndapa Deda) bete.hendrika@yahoo.co.id (Hendrika Bete) Sat, 07 Nov 2020 00:00:00 +0000 OJS 3.1.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA MATERI BANGUN DATAR http://jurnal.unimor.ac.id/JPM/article/view/697 <p>Tujuan penelitian ini <em>Macromedia flash</em> dapat digunakan sebagai multimedia pembelajaran. Akan tetapi masih jarang guru yang menggunakan aplikasi tersebut <em>Macromedia flash</em> dapat dibuka menggunakan komputer, laptop dan handphone. Sebagai multimedia pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengembangkan pembelajaran matematika di SMP dalam materi bangun datar dan mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran dari berbagai validasi ahli media dan ahli materi dari dosen pendidikan matematika FKIP UNSUR serta Guru pendidikan matematika. Dalam multimedia pembelajaran tersebut disajikan materi , contoh soal, kuis dan gambar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (<em>Research and Development</em>) dengan model pengembangan ADDIE (<em>Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation</em>). <em>Macromedia flash</em> ini dikembangkan menurut validasi ahli media dan ahli materi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa multimedia pembelajaran matematika berbasis <em>Macromedia flash</em> menurut ahli media memenuhi kategori Layak dengan persentase mencapai 78%. Sedangkan menurut ahli materi memenuhi kategori Layak dengan persentase mencapai 73% Secara rata – rata keseluruhan, multimedia pembelajaran matematika berbasis <em>Macromedia flash</em> ini memenuhi kategori Layak dengan persentase mencapai 76% sehingga efektif sebagai multimedia pembelajaran matematika berbasis <em>Macromedia flash</em> dan bisa digunakan kapanpun.</p> Ari Septian, Sarah Inayah (Author); Jeni Irpan Pelani (Author) ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 http://jurnal.unimor.ac.id/JPM/article/view/697 Tue, 05 Jan 2021 00:00:00 +0000 Eksplorasi Etnomatematika Model Ikat Ternak Masyarakat Dawan Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Lingkaran http://jurnal.unimor.ac.id/JPM/article/view/623 <p><strong>ABSTRAK </strong></p> <p>Matematika adalah salah satu bidang ilmu yang aplikasinya banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Dalam mempelajari matematika terdapat dua ruang lingkup yang diajarkan yaitu matematika yang diajarkan dalam jenjang pendidikan dan etnomatematika yang merupakan penerapan matematika dalam kelompok budaya. Penerapan budaya lokal dalam kegiatan pembelajaran dapat memudahkan siswa dalam belajar karena apa yang dipelajari langsung terkait dengan keseharian siswa. Masyarakat Nusa Tenggara Timur pada umumnya mengembangkan beberapa sistem pemeliharaan ternak, salah satunya adalah sistem semi intensif yaitu dengan cara ternak dipelihara di luar kandang dan diikat dibawah pohon. Budaya ikat ternak ini banyak dijumpai pada hampir seluruh masyarakat dawan yang tinggal di pinggiran kota sampai luar kota. Budaya ikat ternak pada masyarakat Dawan ini dapat diterapkan dalam lingkungan akademik sebagai pendekatan dalam pembelajaran matematika pada materi lingkaran. Penelitan ini bertujuan untuk mengeksplorasi etnomatematika pada budaya ikat ternak masyarakat Dawan. Penelitian ini menggunakan metode etnografi. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan triangulasi data yang diperoleh melalui observasi lapangan, wawancara lisan dan dokumentasi. Hasil eksplorasi menunjukkan model ikat ternak dapat digunakan dalam mempelajari lingkaran seperti unsur-unsur lingkaran, luas lingkaran, keliling lingkaran dan luas juring lingkaran</p> <p><strong>Kata kunci: Etnomatematika, Ikat Ternak, Pembelajaran Matematika.</strong></p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Mathematics is one of the fields of science whose applications are often found in everyday life. In studying mathematics there are two scopes that are taught namely mathematics taught in education and ethnomatematics which is the application of mathematics in cultural groups. The application of local culture in learning activities can facilitate students in learning because what is learned is directly related to students' daily lives. The people of East Nusa Tenggara in general develop several livestock raising systems, one of which is a semi-intensive system that is by raising animals outside cages and tied under trees. This animal-bound culture is often found in almost all of the Dawan communities who live on the outskirts of the city until out of town. Cattle culture in the Dawan community can be applied in an academic environment as an approach in learning mathematics in circle material. This research aims to explore ethnomatematics in the Dawan cattle-bound culture. This research uses ethnographic methods. The data in this study were obtained using triangulation of data obtained through field observations, oral interviews and documentation. Exploration results show that the cattle bundle model can be used in studying circles such as circle elements, circle area and circle circumference.<br> <strong>Keywords: Ethnomatematics; binding cattle; Mathematics Learning.</strong></p> Penina Marleny Kikhau, Dian S. Nenoliu, Ferdinandus Mone (Author) ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 http://jurnal.unimor.ac.id/JPM/article/view/623 Sat, 07 Nov 2020 00:00:00 +0000