Author Guidlines

Author Guidelines

Berikut ini adalah panduan bagi penulis sebelum mengirimkan naskah atau penulisan artikel ke Jurnal Poros Politik :

  1. Naskah dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia.
  2. Naskah yang dikirim belum pernah diterbitkan dan saat ini tidak dalam proses publikasi ilmiah di jurnal atau media lain.
  3. Penulis tidak diizinkan untuk mengirim naskah yang sama ke jurnal atau media lain selama proses publikasi, kecuali penulis telah menarik naskah sebelum proses review dilakukan.
  4. Naskah adalah karya asli penulis dan bebas dari plagiarisme.
  5. Artikel yang ditulis adalah hasil penelitian atau studi lapangan.
  6. Naskah diketik dengan format berikut: dokumen (doc, docx, rtf), huruf Arial, ukuran kertas A4 dengan margin kanan 3cm, kiri 3cm, atas 3cm atas, dan bawah 3cm.
  7. Jumlah kata dalam naskah minimal 3000 – 3500 kata.
  8. Naskah akan diserahkan kepada editor untuk ditinjau lebih lanjut apabila pedomannya telah diikuti. Keputusan untuk publikasi atau penolakan didasarkan pada laporan / rekomendasi dari editor.
  9. Apabila naskah tidak sesuai dengan ruang lingkup dan pedoman penulisan, maka artikel ditolak dan dikembalikan kepada penulis. Naskah dapat dikirimkan kembali apabila telah mengikuti pedoman penulisan.
  10. Setiap naskah yang dikirimkan ditinjau secara independen oleh Tim Jurnal Poros Politik.
  11. Jika Tim Jurnal Poros Politik menganggap naskah tidak cocok untuk publikasi dalam jurnal ini, maka pernyataan yang menjelaskan dasar keputusan akan dikirimkan kepada penulis.
  12. Penulis harus merevisi naskah kapan pun selama diperlukan sesuai dengan petunjuk dan waktu yang dialokasikan oleh editor.
  13. Editor berhak untuk menyunting naskah tanpa mengubah substansi naskah.
  14. Sistematika penulisan jurnal diatur sesuai dengan ketentuan pada template jurnal yang dapat diunduh pada website Jurnal Poros Politik.