GAMBARAN GAYA HIDUP PENDERITA HIPERTENSI DI PUSKESMAS ATAMBUA SELATAN

  • Florida Baso Universitas Timor
  • Pius A. L. Berek Universitas Timor
  • Elfrida Dana F. Riwoerohi Universitas Timor

Abstract

Hipertensi adalah istilah medis untuk penyakit tekanan darah tinggi dan merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat  yang banyak di derita di seluruh Indonesia. Gaya hidup seperti faktor makanan, aktifitas fisik, stress dan merokok juga menjadi faktor yang mendukung terjadinya hipertensi. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan gaya hidup penderita hipertensi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan desain deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui gambaran gaya hidup penderita hipertensi di Puskesmas Atambua Selatan. Sampel pada penelitian ini berjumlah 55 penderita hipertensi yang ada di Puskesmas Atambua Selatan Kabupaten Belu. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang menilai kebiasaan merokok, kebiasaan makan, aktivita sfisik dan stress. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 38 orang (69,1%) tidak memiliki kebiasaan merokok, responden yang memiliki kebiasaan makan makanan asin yaitu sebanyak 34 orang (61,8%), makan berlemak sebanyak 36 orang (65,5%) , makanan instan sebanyak 31 orang (56,4%). Responden sesuai tingkat aktivitas fisik menunjukkan bahwa sebagian responden rutin melakukan olahraga sebanyak 37 orang (67,3%), keadaan  stress dapat diketahui bahwa dari 55 responden sebanyak  22 orang (40%) tidak mengalami stress.

References

Alfyan, Susanto, Khadizah. 2017. “Kualitas Hidup Pasien Dengan Hipertensi” . Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin.

Anugrahini, C. 2016, “Panduan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah” Studi Kasus DIII Keperawatan.

Artiyaningrum, 2015. “Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Hipertensi”. Universitas Negeri Malang.

Berek, P. A. L. (2018). PENGARUH SLOW DEEP BREATHING DAN PENGATURAN NATRIUM TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PASIEN HIPERTENSI PRIMER. Prosiding Sintesa LP2M UNDHIRA BALI, 2 November(November), 499–508. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/521

Berek, P. A. L., Nurachmah, E., & Gayatri, D. (2015). Effectiveness Of Slow Deep Breathing On Decreasing Blood Pressure In Primary Hypertension : A Randomized Contrrolled Trial Of Patients In Atambua , East Nusa Tenggara. International Journal of Science and Technology, 1(2), 1–14. Retrieved from http://grdspublishing.org/MATTER/matter.html

Fatmawati, Junald, Ibrahim. 2017. “Hipertensi pada Usia Dewasa”. Fakultas Kesehatan Mayarakat.

Handayani, Rusli, Ibrahim. 2015. “Analisis Karakteristik dan Kejadian Drug Related Problems pada pasien Hipertensi”. Universitas Mulawarman, Samarinda Kalimantan Timur.

Ibrahim, 2017. “Hubungan Life Style Dengan Kejadian Hipertensi". Fakultas Kesehatan Masyarakat universitas Hau Ole.

Kamaludin, 2010. “Pengalaman Pasien Hipertensi yang Menjalani Terapi Alternatif komplementer”. Fakultas ilmu Keperawatan Program Magister Keperawatan Kekhususan Keperawatan Medikal Bedah Depok.

Martins, 2018 “Asuhan Keperawatan Hipertensi”. Universita Timor.

Nisa, 2018. “Gambaran Gaya Hidup Penderita Hipertensi di Puskesmas Bonang 1 Demak” Universitas Muhamadiyah Semarang.

Nursalam. 2008. “Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan : Pedoman Skripsi, Tesis, Olah Instrumen Penelitian Keperawatan”. Jakarta. Salemba Medika.

Pusparani, 2016 “Gambaran Gaya Hidup Penderita Hipertensi”. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Rahma, 2017 ”Gambaran Gaya Hidup Penderita Hipertensi” Departemen Ilmu Keperawatan Universitas Diponegoro.

Sinaga, 2012. “Gambaran Tingkat Pengetahuan Penderita Hipertensi”. Fakultas Keperawatan Depok.

Sinubu, Rondonuwu, Onibala. 2015. “Hubungan Beban Kerja Dengan Kejadian Hipertensi” Universitas Sam Ratulangi Manado.
Published
2019-07-01