GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP PELAJAR TENTANG PENYALAHGUNAAN NAPZA DI SMP KRISTEN ATAMBUA KABUPATEN BELU NUSA TENGGARA TIMUR

  • Billy Wilsen Senduk Universitas Timor
  • Yusfina Modesta Rua Universitas Timor
  • Maria Fatimah W. A. Fouk Universitas Timor

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Kristen Atambua, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur dari tanggal 13 Januari – 21 Januari 2019. Penyalahgunaan NAPZA melahirkan masalah sosial, keamanan, dan ketertiban dimasyarakat seperti tindakan kriminal, prostitusi, disharmoni keluarga, peningkatan jumlah pengangguran, dan peningkatan jumlah putus sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi gambaran tingkat pengetahuan dan sikap pelajar di SMP Kristen Atambua tentang penyalahgunaan NAPZA. Populasi adalah siswa/i kelas VII, VIII dan IX SMP Kristen Atambua, sampel sebanyak 165 responden yang memenuhi kriteria inklusi. Teknik pengambilan dengan stratifed random sampling, analisa data mencakup analisa univariat. Hasil penelitian yang di peroleh berdasarkan pengetahuan didapatkan responden yang pengetahuannya kurang sebanyak 84,2% (n=139) dan responden yang pengetahuannya baik sebanyak 0,6% (n=1). Ini berarti sebagian besar responden tidak mengetahui pengertian istilah NAPZA, jenis NAPZA, dampak penggunaan NAPZA, serta bentuk NAPZA yang kemungkinan dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor pendidikan, informasi, dan usia. Sedangkan berdasarkan sikap didapatkan responden yang mempunyai sikap cukup terhadap penyalahgunaan NAPZA adalah 51,5%(n=85) dan responden yang mempunyai sikap baik terhadap penyalahgunaan NAPZA adalah 48,5% (n=80) hal ini berarti sebagian besar responden belum bisa mengambil sikap yang benar atas pengetahuan yang ia ketahui mengenai NAPZA.

References

Afianty, Raisa Dewi, et all. 2014. Gambaran Pengetahuan, sikap dan Perilaku Siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan “X” tentang NAPZA di Kota Bandung Tahun 2014. Fakultas Kedokteran Universitas Maranatha: Bandung.

Anwar, Herson. 2009. Penilaian Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Pelangi Ilmu Volume 2 No 5.

Anisa Dwi Putri, 2017. Pengetahuan Dan Sikap Pelajar SMA Negeri 17 Makassar Tentang Penyalahgunaan NAPZA ( Narkotika, Psikotripika, Dan Zat Adiktif). Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin: Makassar

Anggoro, Aji. 2014. Suatu Tinjauan Tentang Sikap Remaja Dalam Penyalahgunaan NARKOTIKA Dan Obat Terlarang Dikelurahan Sidodadi Kecamatan Samarinda Ulu Samarinda. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman: Samarinda.

Amiruddin et al., 2013. Gambaran Pengetahuan Dan Sikap Remaja Tentang NAPZA Di SMA Negeri 1 Bungoro Kabupaten Pangkep. STIKES Nani Hasanuddin Makassar: Makassar.

Bakhtiar, Amsal. 2011.Filsafat Ilmu. Jakarta : Rajawali Pers.

Fadillah Nubaiti et al., 2012. Hubungan Pemahaman NAPZA Dengan Sikap Terhadap Penyalahgunaan NAPZA (Studi Korelasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri Se-Kecamatan Johar Baru).FIP UNJ.

Jaji. 2009. Hubungan Faktor Sosial dan Spiritual Dengan RisikoPenyalahgunaan NAPZA Pada Remaja SMP dan SMA di Kota Palembang. PSIK-FK UNSRI: Palembang.

Jewana, Satya dan Lydia Harlina M. 2006. Pencegahan Dan Penanggulangan Penyalahgunaan NARKOBA Berbasis Sekolah. Jakarta : Balai Pustaka.
Kumurur, Veronica A. 2008. Pengetahuan, Sikap dan Kepedulian Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Lingkungan Terhadap Lingkungan Hidup Kota Jakarta. Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi Manado: Manado.

Maharti, Vikiat Ika. 2015. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Penyalahgunaan Narkoba pada Remaja Uia 15-19 Tahun Di Kecamatan Semarang Utara Kota Semarang. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro: Semarang.

Nawar, Agus. 2002. Psikologi Pelayanan. Bandung : ALFABETA.

Nurfajri et al., 2013. Pengetahuan Dan Sikap Tentang Narkoba Pada Siswa-Siswi SMA Handayani Pekanbaru Sebelum Dan Sesudah Penyuluhan. Fakultas Kedokteran Universitas Riau: Riau.

Nur’artavia, Maydiya Restacendi. 2017. Karakteristik Pelajar Penyalahguna NAPZA dan Jenis NAPZA yang Digunakan di Kota Surabaya. Departemen Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga : Suarabaya.

Nurmaya, Alya. 2016. Penyalahgunaan NAPZA DiKalangan Remaja (Studi Kasus Pada 2 Siswa Di MAN 2 Kota Bima).STKIP Bima : Bima.

Puspaini, Ririn. 2017. Gambaran Pengetahuan Dan Sikap Remaja Tentang Pencegahan Penyalahgunaan NAPZA Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 01 Dumai. Akademi Keperawatan Sri Bunga Tanjung : Dumai.

Putri, Aidina et al., 2017. Hubungan Jenis Kelamin, Pengetahuan, Sikap, Lingkungan Keluarga Dan Teman Sebaya Terhadap Penyalahgunaan NAPZA Pada Siswa SLTA. Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru : Bajarmasin.

Ratnasari, Yesi. 2015. Hubungan Pengetahuan, Sikap Siswa Tentang Bahaya Narkoba Dan Peran Keluarga Terhadap Upaya Pencegahan Narkoba (Studi Penelitian di SMP Agus Salim Semarang). Fakultas Kesehatan Marsyarakat Universitas Muhammadiyah Semarang : Semarang.

Riduwan. 2012. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung : ALFABETA.

Setiyawati, dkk. 2015. Buku Seri Bahaya Narkoba Penyalahgunaan Narkoba. Surakarta : PT Tirta Asih Jaya.

Siregar, Syofian. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika UUD RI Tahun 2009.

Willis, Sofyan S. 2010. REMAJA DAN MASALAHNYA Mengupas Berbagai Kenakalan Remaja Seperti Narkoba, Free Sex Dan Pemecahannya. Bandung : ALFABETA.
Published
2019-07-01