GAMBARAN KEJADIAN BULLYING PADA MAHASISWI DI ASRAMA HILARIA STIKES SANTA ELISABETH MEDAN TAHUN 2021

  • Maria Pujiastuti Program Studi Keperawatan, Stikes Santa Elisabeth, Medan, Indonesia
  • Murni Sari Dewi Simanullang Program Studi Keperawatan, Stikes Santa Elisabeth, Medan, Indonesia
  • Angelina Manurung Program Studi Keperawatan, Stikes Santa Elisabeth, Medan, Indonesia
Keywords: Bullying, Asrama

Abstract

Latar Belakang: Perilaku bullying merupakan masalah sosial, peristiwa yang dialami anak setiap hari, kesedihan, ancaman, paksaan, dan pemukulan. Berdasarkan survei yang dilakukan KPAI periode 2011-2019 terdapat sekitar 37.381 pengaduan kekerasan, 2.473 laporan di antaranya terjadi di dunia pendidikan dan di media sosial, jumlah ini terus meningkat setiap tahunnya. Korban bullying berisiko rendah diri dan percaya diri. Secara umum, korban lebih cenderung cemas, berhati-hati, dan kurang percaya diri dibandingkan siswa pada umumnya. Bullying terjadi karena beberapa faktor yaitu faktor sekolah, faktor perilaku teman sebaya dan faktor keluarga. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran bullying pada mahasiswi STIKes Hilaria Asrama Santa Elisabeth Medan tahun 2021. Metode: Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling sebanyak 118 responden. Instrumen yang digunakan adalah angket adolescent peer relations instrument (APRI). Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden pernah mengalami bullying sebanyak 103 orang (87,3%) dari 118 siswi. Kesimpulan: Diharapkan penelitian ini dapat menjadi masukan bagi koordinator asrama untuk memberikan sanksi bagi pelaku bullying dan dapat merawat korban bullying dengan menumbuhkan dan membangkitkan rasa percaya diri mereka.

References

Al-Raqqad, H. K., Al-Bourini, E. S., Al Talahin, F. M., & Aranki, R. M. E. (2017). The Impact of School Bullying On Students’ Academic Achievement from Teachers Point of View. International Education Studies, 10(6), 44. https://doi.org/10.5539/ies.v10n6p44

Amri, N. (2019). Perilaku Bullying di Pondok Pesantren Studi Fenomologi Bullying di Asrama Al Risalah Pondok Pesantren Mambaul Ma’Arif Denanyar Jombang. 8(5), 55.

Beane, A. L. (2008). Protect your child from bullying. In , Prevent and Stop Bullying Before Your Child Gets https://www.esasd.net/cms/lib/PA01001915/Centricity/Domain/12/Protect Your Child From Bullying.pdf

Brewer, S. L., Meckley-Brewer, H., & Stinson, P. M. (2017). Fearful and Distracted in School: Predicting Bullying among Youths. Children and Schools, 39(4), 219–226. https://doi.org/10.1093/cs/cdx021

Daniels, D., & Paradise, P. J. (2012). Bullying at School and Online.

Erika, K. A., Pertiwi, D. A., & Seniwati, T. (2017). Bullying Behaviour Of Adolescents Based On Gender , Gang And Family Kadek Ayu Erika , Dian Atma Pertiwi , Tuti Seniwati Email : kadek20_uh@yahoo.com. Jurnal Ners, Vol 12, no, p.126-132. http://dx.doi.org/10.20473/jn.v12i1.4396

Farhan, F., & Aziah, A. (2019). Upaya Wali Asuh Pada Peserta Asuh Mengatasi Bullying Di Pesantren Nurul Jadid Perspektif Komunikasi Persuasif. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 4(1), 46. https://doi.org/10.28926/briliant.v4i1.265

Hall, W. (2017). The effectiveness of policy interventions for school bullying: A systematic review. Journal of the Society for Social Work and Research, 8(1), 45–69. https://doi.org/10.1086/690565

Hendricks, E. A., & Tanga, P. T. (2019). Effects of Bullying on the Psychological Functioning of Victims. Southern African Journal of Social Work and Social Development, 31(1), 1–17. https://doi.org/10.25159/2415-5829/3939

Heryani, N., Asmuni, A., & Nasution, A. F. . (2020). Pengembangan Aplikasi Strategi Pencegahan Perilaku Perundungan (Bullying) pada Sekolah Dasar di Kota Jambi. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 9(2), 190. https://doi.org/10.36565/jab.v9i2.213

Ishak, N. H., Jais, S. M., & Omar, M. N. B. M. N. (2020). International Journal Of Education , Psychology The Validity And Reliability Of TF-CBTGC MODULE. 5(37), 350–363. https://doi.org/10.35631/IJEPC.5370028

Kamas, A. M. W. (2017). Hubungan Antara Kejadian Bullying Dengan Mekanisme Koping Pada Mahasiswa Penerima Program Bidikmisi Departemen Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Вестник Росздравнадзора, 4, 9–15.

Marliyani, L. (2020). Hubungan Kejadian Bullying Dengan Mekanisme Koping Pada The Relationship Between The Incidence Of Bullying With Coping Mechanism In Adolescents. 7(1), 9–14.

Menesini, E., & Salmivalli, C. (2017). Bullying in schools: the state of knowledge and effective interventions. Psychology, Health and Medicine, 22, 240–253. https://doi.org/10.1080/13548506.2017.1279740

Nugroho, S., Handoyo, S., & Hendriani, W. (2020). Identifikasi Faktor Penyebab Perilaku Bullying di Pesantren: Sebuah Studi Kasus. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 17(2), 1–14. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2020.vol17(2).5212

Nurhidayanti, Y. D., & Husodo, P. N. P. B. T. (2019). Strategi Coping Stress Kejadian Bullying (Perundungan) Siswa Smp Di Wilayah Kecamatan Banyumanik. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 7(4), 266–272.

Nursalam. (2015). Konsep & penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan.

Polit, D. F., & Beck, C. T. (2015). Nursing Research Principles and Methods. 1–27.

Putri, S. O., & Silalahi, B. R. (2017). Gambaran Perilaku Bullying Pada Mahasiswa Umn Alwashliyah. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2), 146. https://doi.org/10.22373/je.v3i2.3092

Rinaldi, S. F., & Mujianto, B. (2017). Bahan Ajar Teknologi Laboratorium Medis(TLM). 93.

Roziqi, M. (2018). Perlawanan Siswa Disabilitas Korban Perundungan : Sebuah Studi Fenomenologi The Bullied- Handicapped Students ’ Resistance : A Phenomenological Study. Jurnal Psikoedukasi Dan Konseling, 2(2), 24–38.

Sakdiyah, F., Febriana, B., & Setyowati, W. E. (2020). Resiliensi dan Kejadian Bullying pada Remaja SMP di Demak. Bima Nursing Journal, 1(1), 119. https://doi.org/10.32807/bnj.v1i2.502

Sari, Y. P., & Azwar, W. (2018). Fenomena Bullying Siswa: Studi Tentang Motif Perilaku Bullying Siswa di SMP Negeri 01 Painan, Sumatera Barat. Ijtimaiyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 10(2), 333–367. https://doi.org/10.24042/ijpmi.v10i2.2366

Sataloff, R. T., Johns, M. M., & Kost, K. M. (2008). The Bullies.

Siregar, J. (2016). Gambaran Perilaku Bullying pada Masa Kanak-Kanak Akhir di Kota Medan. An – Nafs, 10(01), 1–11.

Urra Canales, M., Acosta Oidor, C., Salazar Baena, V., & Jaime Ruiz, E. (2018). Bullying. Description of the roles of victim, bully, peer group, school, family and society. International Journal of Sociology of Education, 7(3), 278–299. https://doi.org/10.17583/rise.2018.3547

Wahyuni, N., Wahyuni, S., & Damanik, S. R. H. (2019). Tingkat Pengetahuan Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri Tentang Bullying Di Kota Pekanbaru. Jurnal Ners Indonesia, 9(2), 21. https://doi.org/10.31258/jni.10.1.21-37

Yerger, W. (2018). Successfully Combating Bullying in Schools and Cyberspace. 3(2), 22–29.
Published
2022-08-31