GAMBARAN METODE KONSELING PETUGAS GIZI PADA KELUARGA DENGAN BALITA GIZI BURUK DI PUSKESMAS HALIWEN KECAMATAN KAKULUK MESAK KABUPATEN BELU

  • Sisilia Novita Asa Universitas Timor
  • Djulianus Tes Mau Universitas Timor
  • Christina Anugrahini Universitas Timor
Keywords: Konseling, Teknik Konseling Gizi, Langkah-langkah Pelaksanaan Konseling Gizi.

Abstract

Konseling merupakan salah satu teknik dalam pelayanan bimbingan di mana proses pemberian bantuan ini berlangsung melalui wawancara dalam serangkaian pertemuan langsung dan  tatap muka antara konselor pada klien dengan tujuan agar klien mampu untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik terhadap dirinya.  Hal ini dikarenakan konseling dapat memberikan perubahan yang mendasar, yaitu merubah sikap. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi gambaran metode konseling petugas gizi pada keluarga dengan balita gizi buruk di Puskesmas Haliwen Kecamatan Kakuluk Mesak Kabupaten Belu. Responden dalam penelitian ini adalah 4 petugas gizi yang memenuhi kriteria inklusi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar petugas gizi memiliki teknik konseling gizi kategori baik sebanyak 2 kali  (50%) dan kategori cukup sebanyak 2 kali (50%). Ini berarti sebagian besar responden belum melakukan 10 item teknik konseling gizi yang dianjurkan oleh Depkes RI tahun 2008. Sedangkan berdasarkan langkah - langkah pelaksanaan konseling gizi sebagian besar responden dalam ketegori cukup (50%). Hal ini berarti sebagian responden belum semua menerapkan 12 item langkah – langkah pelaksanaan konseling gizi sesuai standart Depkes RI tahun 2008.

References

Almatsier, Sunita. 2009. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Arisman. 2009. Gizi Dalam Daur Kehidupan. Jakarta : EGC.

Hestuningtyas, Tiara. 2013. Pengaruh Konzeling Gizi
Terhadap Pengetahuan, Sikap, Praktik Ibu dalam Pemberian Makan Anak, Dan Asupan Zat Gizi Anak Stunting Usia 1-2 Tahun Di Kecamatan Semarang Timur. Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Dionegoro : Semarang.

Hidayanti, Lilik & Nur Lina. 2015. Analisis Dampak Konseling Gizi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Gizi Ibu Yang Memiliki Balita Gizi Kurang. Pengajar Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Siliwangi : Tasikmalaya.

Hikmawati, Fenti. 2010.Bimbingan Konseling. Jakarta : ALFABETA

Irianto, Koes. 2014. Gizi Seimbang Dalam Kesehatan Reproduksi. Bandung : ALFABETA.

Muniroh, Lailatul & Azzahra, Margareta. 2015. Pengaruh Konseling Terhadap Pengetahuan dan Sikap Pemberian MP-ASI. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga : Surabaya.

Noer, Efika & Sofiyana Desi. 2013.Perbedaan Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Ibu Sebelum dan Setelah Konseling Gizi Pada Balita Gizi Buruk. Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Dionegoro : Semarang.

Siregar, Syofian. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.

Yuandari, Meita. 2012. Gambaran Konseling Gizi Pada Balita Bawah Garis Merah (BGM Berdasarkan Konseling

Gizi Depkes RI Tahun 2008. Bagian Gizi Kesehatan Masyarakat Universitas Jember : Jember.
Published
2020-08-13