GAMBARAN TINGKAT KECEMASAN REMAJA PUTRI DALAM MENGHADAPI HAID PERTAMA KALI (MENARCHE) PADA SISWI KELAS VII SMP NEGERI 1 ATAMBUA

  • Sakinah Ekawati Syarif Universitas Timor
  • Djulianus Tes Mau Universitas Timor
  • Christina Anugrahini Universitas Timor
Keywords: Tingkat Kecemasan, Remaja Putri, Haid Pertama Kali

Abstract

Haid pertama kali diartikan sebagai permulaan menstruasi pada seorang gadis pada masa Pubertas, yang biasanya muncul pada usia 11 sampai 14 tahun. Gejala yang sering menyertai ialah muncul Perasaan bingung, gelisah atau cemas, tidak nyaman selalu menyelimuti, seorang wanita yang mengalami menstruasi pertama kali. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Gambaran tingkat kecemasan Remaja Putri dalam Menghadapi Haid Pertama Kali (Menarche) pada Siswi Kelas VII SMP Negeri 1 Atambua. Populasi adalah siswa remaja kelas VIIS MP Negeri 1 Atambua, sampel sebanyak 163 responden yang memenuhi kriteria teknik pengambilan dengan purpose  sampling, jenis penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif Hasil penelitian didapatkan dari 163 responden sebanyak 26 responden (15,9%) mengalami cemas ringan, dan sebanyak 47 responden (28,8%)  mengalami cemas sedang hal ini kemungkinan dari beberapa sisiwi remaja putri yang mungkin telah terpapar informasi tentang pengetahuan haid pertama kali sehingga ada beberapa anak bisa mengatasi tingkat kecemasannya, dan sebanyak 52 responden (31,9%) mengalami cemas berat, dan 38 responden (23,3%) mengalami panik. hal ini berarti sebagian besar responden belum mengerti tentang perubahan didalam dirinya (baik perubahan psikologis maupun fisiologis) dan kurangnya informasi.

References

Dewi, 2011. Asuhan Kehamilan untuk Kebidanan. Jakarta: Selemba Medika.
Elsevier, 2016. Prinsip dan Praktik Keperawatan Kesehatan Jiwa Stuart. Edisi Indonesia.
Maas, et all, 2002. Asuhan Keperawatan Geriatrik. Buku Kedokteran EGC.
Nursalam, 2008. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Selemba Medika.
Nursalam, 2013. Manajemen Keperawatan. Jakarta: Selemba Medika.
Sastroasmoro, 2002. Dasar - dasar Metodologi Penelitian Klinis. Jakarta: Edidi 2.
Sunaryo, 2004. Psikologi untuk Keperawatan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.
Wasis, 2008. Pedoman Riset Praktis. Buku Krdokteran JakartEGC.
Jurnal:
Anggraini, 2016. Jurnal: Hubungan Pengetahuan Tentang Menstruasi dengan Kecemasan Menghadapi Menarche pada Siswi kelas V SD Muhammadiyah wirobrajan 3 yogyakarta.
Eka Rucita, 2010. Jurnal: Gambaran Tingkat Kecemasan pada Remaja Putri Usia 11-14 Tahun dalam Menghadapi Menstruasi Petama di SDN Cibulu kecamatan Ujungjaya Kabupaten Sumedang.
Lestyani, 2015. Jurnal: Hubungan Tingkat Kecemasan dengan Sikap dalam menghadapi Menarche pada Siswi Kelas V di SD wilaya kecamatan Kearangnongko Kab. Klaten .
Ulfa, Hubungan Dukungan Keluarga dengan Tingkat Kecemasan pada Remaja Putri dalam Menghadapi Menarche di MI Salafiyah Simbang kulon 02 Kabupaten Pekalongan.
Utari, 2016. Jurnal: Pengaruh Pendidikan kesehatan Tentang Menstruasi Terhadap Tingkat Kecemasan Menghadapi Menarche pada siswi kelas V SD Negeri 16 Pontianak.
Wati, 2013. Jurnal: Hubungan dukungan keluarga dengan tingkat kecemasan remaja putri dalam menghadapi haid pertama kali (menarche) pada sisiwi kelas VII kelas VII SMP Negeri 1 tangan - tangan.
Published
2020-08-13