GAMBARAN PENGETAHUAN DAN PERAN KADER DALAM POSYANDU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS HALILULIK DESA NAITIMU KECAMATAN TASIFETO BARAT KABUPATEN BELU

  • Sisilia Gisela Nesti Neno Universitas Timor
  • Djulianus Tes Mau Universitas Timor
  • Yusfina Modesta Rua Universitas Timor
Keywords: pengetahuan, kader, pos pelayanan terpadu

Abstract

Latar Belakang: Penelitian ini dilaksanakan di Puskesmas Halilulik Desa Naitimu Kecamatan Tasifeto Barat Kabupaten Belu dari tanggal 06 agustus – 14 agustus 2020. Kader adalah seorang anggota masyarakat yang berasal dari masyarakat dan dipilih oleh masyarakat itu sendiri serta membantu petugas tenaga kesehatan dalam kegiatan pos pelayanan terpadu. Tujuan : tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi gambaran pengetahuan kader dalam kegiatan pos pelayanan terpadu di wilayah kerja Puskesmas Halilulik Desa Naitimu Kecamatan Tasifeto Barat. Metode : metode penulisan ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif betujuan untuk mengekspresikan tingakt pengetahuan kader dalam kegiatan pos pelayanan terpadu. Populasi adalah kader di Puskesmas Halilulik Desa Naitimu Kecamatan Tasifeto Barat Kabupaten Belu, sampel di ambil dari semua kader pos pelayanan terpadu Desa Naitimu sebanyak 55 orang, alat pengumpulan data berupa kuesioner. Hasil penelitian : hasil penelitian dari 55 responden dapat disimpulkan bahwa secara umum tingkat pengetahuan kader tentang sistem lima meja yang berpengetahuan baik sebanyak 50 responden (90,9%) berpengetahuan cukup sebanyak 5 responden (9,1%) dan yang berpengetahuan baik tentang peran kader sebanyak 55 responden (100%). Sarannya adalah untuk meningkatkan pengetahuan tentang sistem lima meja dan peran kader. Untuk kader agar dapat menerapkan sistem lima meja dan perannya dalam kegiatan pos pelayanan terpadu.

References

Didah, D. (2020). Pengetahuan Kader Tentang Sistem 5 Meja Di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Jati Nangor Kabupaten Sumedang. Jurnal Kebidanan Malahayati, 6 (1), 95 - 98.
Aziz Alimul, H. (2008). Metode Penelitian Keperawatandan Teknik Analisa Data.
Jimas, M. A. (2015). Gambaran Pengetahuan kader Dalam Kegiatan Posyandu Di Puskesmas Penfui Kelurahan Penfui Kecamatan Maulafa Kota Kupang (Doctoral Dissertation, Stikes Patria Husadablitar).
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, ( 2013). Buku Panduan Kader Posyandu. Jakarta : Kementrian Kesehatan RI
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, (2018). Data Dan Informasi Profil Kesehatan Indonesia.Jakarta
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, (2017). Data Dan Informasi Profil Kesehatan Indonesia.Jakarta
Purnomo, G. A., & Suratini, S. (2014). Pengaruh Pelatihan Kader tentang Posyandu terhadap Kemampuan Pengelolaan Posyandu di Desa Sendang sari Kecamatan Pengasih Kulon Progo (Doctoral dissertation, STIKES' Aisyiyah Yogyakarta).
Soekidjo, N. (2007). Promosi kesehatan dan ilmu perilaku. PT Rineka Cipta.Jakarta.
Suharsimi, A. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Published
2021-02-15