NILAI - NILAI DALAM NOVEL “CINTA TERAKHIR’’ KARYA VINCENTCIUS JESKIAL BOEKAN DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMP

  • Afit Alon Haubenu Universitas Timor
  • Imaniah Kusuma Rahayu Universitas Timor
  • Rince Jalla Wabang Universitas Timor
Keywords: nilai, sosiologi sastra, novel

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai yang terkandung dalam novel “Cinta Terakhir” karya Vincenctcius Jeskial Boekan dan untuk mengetahui relevansi nilai-nilai dalam novel “Cinta Terakhir” karya Vincenctcius Jeskial Boekan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Jenis penelitian yang digunakan kualitatif      deskriptif, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu           teknik simak dan teknik catat. Teknik analisis data meliputi lima           tahap yakni, mengklasifikasikan, memeriksa, menganalisis dengan menginterpretasikan, mendeskripsikan, dan menyimpulkan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh terhadap novel “ Cinta Terakhir” Karya Vincentcius Jeskial Boekan ditemukan data yang berkaitan dengan nilai-nilai pendidikan, religius, sosial, dan budaya dalam novel tersebut. Nilai pendidikan 6 data, nilai religius 13 data, nilai sosial 9 data dan nilai budaya 13 data. Novel cinta terakhir Karya Vincentcius Jeskial Boekan sesuai sebagai bahan pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP, karena novel ini banyak memunculkan nilai-nilai pembelajaran atau nilai kehidupan yang dapat diteladani siswa. Kerelevansian dalam pembelajaran Bahasa Indonesia sangat melekat dengan Kompetensi inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) pada jenjang SMP.

Published
2022-07-15