ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL SISWA KELAS VII

  • Marni Natonis Universitas Timor
  • Oktovianus Mamoh Universitas Timor
  • Talisadika Serrisanti Maifa Universitas Timor
Keywords: Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran matematika agar siswa memiliki kemampuan memecahkan
masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merencanakan penyelesaian,
melaksanakan rencana penyelesaian, dan memeriksa kembali penyelesaian. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal
cerita matematika berdasarkan teori Polya pada siswa kelas VII SMP Satu Atap Negeri
Fatunisuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data
menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:
(1) Kemampuan pemecahan masalah siswa dengan kemampuan tinggi dapat melaksanakan
empat langkah pemecahan masalah Polya dengan baik, yaitu memahami masalah, merencanakan
penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, dan memeriksa kembali penyelesaian. (2)
Kemampuan pemecahan masalah siswa yang memiliki kemampuan sedang sudah mulai
memecahkan masalah Polya dengan langkah memahami masalah, merencanakan penyelesaian
masalah, melaksanakan rencana penyelesaian masalah, dan memeriksa kembali penyelesaian.
(3) Kemampuan pemecahan masalah siswa yang memiliki kemampuan rendah sudah mampu
melaksanakan tahap memahami masalah dan merencanakan penyelesaian masalah, namun
subjek masih kurang mampu dalam melaksanakan rencana penyelesaian dan belum mampu
memeriksa kembali penyelesaian.

Published
2021-12-31