PENGARUH PEMBERIAN SOAL OPEN-ENDED DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI GRAF MAHASISWA

  • Rini Widia Putri Z Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Roni Al Maududi Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
Keywords: open-ended questions, interest in learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh pemberian soal open-ended terhadap
hasil belajar materi graf mahasiswa dan untuk mengetahui besar pengaruh minat belajar terhadap
hasil belajar materi graf mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dimana 60
mahasiswa teknik informatika Unindra semester genap 2020 diambil sebagai sampel penelitian.
30 mahasiswa sebagai kelas eksperimen dan 30 mahasiswa sebagai kelas kontrol. Setiap kelas
dibagi berdasarkan kelompok minat belajar tinggi dan minat belajar rendah. Pada kelas
eksperimen diberikan soal open-ended dalam bentuk kuis. Pada akhir pembelajaran, kedua kelas
diberi soal tes materi graf. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar materi graf
mahasiswa kelas eksperimen lebih tinggi dan hasil belajar materi graf mahasiswa dengan minat
belajar tinggi juga lebih baik dari pada hasil belajar mahasiswa dengan minat belajar rendah.
Sehingga, dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh pemberian soal open-ended dan minat
belajar terhadap hasil belajar materi graf mahasiswa.

Published
2021-12-31