PKM Budidaya Ayam Kampung Di Kelompok Tani Adika Kefamenanu

Main Article Content

Charles Venirius Lisnahan
Oktovianus Rafael Nahak
Wilda Lumban Tobing
Azor Yulianus Tefa
Gerson Frans Bira

Abstract

Tujuan pengabdian ini adalah meningkatkan kesejahteraan Kelompok Tani Adika melalui program PKM budidaya ayam Kampung. Pengabdian ini dilakukan di kelompok Tani Adika, Kefamenanu, Nusa Tenggara Timur. Metode yang digunakan adalah participatory action research, kelompok tani dan Tim pelaksana bersama menentukan jenis kegiatan dan pelaksanaan kegiatan di lapangan berdasarkan urgensi dan prioritas. Solusi dalam mengatasi permasalahan meliputi kegiatan persiapan, menetapkan prioritas kegiatan berdasarkan hasil analisis situasi awal dan disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi aktual. Kegiatan selanjutnya yaitu penyuluhan, pelatihan/pendampingan sekaligus praktek pelaksanaan kegiatan untuk meningkatkan kemampuan kelompok. Kegiatan meliputi pembuatan brooding, pembuatan ransum komplit, pemeliharaan fase starter dalam brooding, pemeliharaan fase grower dan pullet, pembuatan pupuk bokasi dengan memanfaatkan ekskreta ayam, penjualan ayam dan perhitungan ekonominya serta evaluasi kegiatan sesuai tahapan pelaksanaan. Hasil yang dicapai adalah ketrampilan kelompok tani meningkat dengan memanfaatkan teknik pemeliharaan brooding dan pemeliharaan fase pertumbuhan serta manajemen pemeliharaan lainnya seperti pencegahan penyakit dan vaksinasi dan pencampuran pakan. Dari kegiatan ini, kelompok mitra dapat menambah jumlah induk ayam yang terseleksi untuk pengembangan lebih lanjut. Pendapatan kelompok mitra juga meningkat sehingga berdampak pada kesejahteraannya. Berdasarkan analisis keuntungan, kelompok mitra mendapatkan Rp. 3.568.000 dengan volume pemeliharaan 100 ekor ayam kampung sejak DOC sampai umur 4-5 bulan.

Article Details

How to Cite
Lisnahan, C., Nahak, O., Tobing, W., Tefa, A., & Bira, G. (2023). PKM Budidaya Ayam Kampung Di Kelompok Tani Adika Kefamenanu. Bakti Cendana, 6(1), 12-25. https://doi.org/10.32938/bc.6.1.2023.12-25
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.