Pengembangan Ekowisata pada Kawasan Hutan Lindung Bifemnasi Sonmahole

Main Article Content

Werenfridus Taena
Yeremias Binsasi

Abstract

Abstrak


Kawasan Hutan Lindung Bifemnasi Sonmahole memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan menjadi pilot project ekowisata meliputi keanekaragaman flora dan fauna, fenomena alam yang indah, obyek budaya dan sejarah serta kehidupan masyarakat lokal yang unik. Adapun tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan adalah pembangunan spot foto dan penanaman pohon di sekitar area spot foto. Metode yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, sosialisasi, dan pendampingan. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah penataan dan pembangunan spot foto menghadirkan nuansa baru sehingga dapat menarik wisatawan untuk berkunjung. Kegiatan ini terdapat dampak positif terhadap perekonomian masyarakat sekitar. Hal ini ditunjang dengan masyarakat yang semakin sadar wisata, promosi wisata dan melakukan penghijauan.


 

Article Details

How to Cite
Taena, W., & Binsasi, Y. (2023). Pengembangan Ekowisata pada Kawasan Hutan Lindung Bifemnasi Sonmahole. Bakti Cendana, 6(1), 62-69. https://doi.org/10.32938/bc.6.1.2023.62-69
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.