MANFAAT EKSTRAKURIKULER JURNALISTIK BAGI PENGEMBANGAN KEBAHASAAN SISWA KELAS XI SMA FQI KEFAMENANU

  • Meylisa Y. Sahan Universitas Widya Mandira
  • Imanuel Kamlasi Universitas Timor
  • Ulu Emanuel Universitas Timor
  • Anselmus Sahan Universitas Timor
  • Maria W. Wisrance Universitas Timor
  • Wifridus Tenis Universitas Timor
  • Hendrik O. Manu Universitas Timor
Keywords: jurnalistik, kemampuan kebahasaan, SMA FQI Kefamenanu

Abstract

Program pelatihan jurnalistik yang bertempat di SMAK Fides Quaerens Intellectum (FQI) Kefanenanu, Kelurahan Sasi, Kecamatan Kota Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Provinsi Nusa Tenggara Timur ini, diluncurkan melalui program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM).  Kegiatan ini bertujuan untuk melatih 30 siswa kelas XI untuk terampil menulis berita yang dimuat pada majalah dinding sekolah tersebut. Pelaksanaan PkM ini dilakukan dengan metode sosialisasi, cermah, pelatihan (workshop), dan bimbingan. Usai memberikan pelatihan, para siswa disodorkan dengan sebuah kuesioner yang memuat 10 pertanyaan untuk mengetahui persepsi mereka terhadap manfaat bagi pengembangan kebahasaan dari pelatihan tersebut. Jawaan mereka dianalisis dengan mengggunakan deskriptif kualitatif yaitu jumlah jawaban diagi dengan jumlah siswa dikali dengan 100%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terapat 297 (atau 99%) respon, yang tersebar pada opsi sangat setuju 81 (27%), setuju 175 (58%), kurang setuju 39 (13%), tidak setuju 1 (atau 0,3%) dan sangat tidak setuju 1 (atau 0,3%). Respon ini menunjukkan bahwa kegiatan ektrakurikuler jurnalistik menumbuhkan kemampuan akademik kebahasaan mereka. Ini menunjukkan bahwa kegiatan jurnalistik perlu dikembangkan terus agar kualitas kemampuan kebahasaan siswa terus meningkat.

References

Anwari, M. R. & Yunus, M. (2020). Pelatihan jurnalistik untuk siswa kelas XI MA Darussalam Barambai. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, 4(1), 107-110. https://doi.org/10.37859/jpumri.v4i1.1905.
Arfiandhani, P. & Lestari, I. W. (2020). Pelatihan penggunaan bahasa Inggris dalam jurnalistik di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. PROSIDING SEMNAS PPM 2020: Inovasi Teknologi dan Pengembangan Teknologi Informasi dalam Pemberdayaan Masyarakat Pasca Covid-19.
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian. Suatu pendekatan praktek, edisi ke-15. Jakarta: Rineka Cipta.
Aryusmar. (2011). Karakteristik bahasa jurnalistik dan penerapannya pada media cetak. HUMANIORA, 2(2), 1209-1218.
Denzin, N. K. and Yvonna S. Lincoln. (2018). Handbook of qualitative research. California: Sage Publisher.
Eadie, W. F. (2019). 21st Century Communication, A Reference Handbook Volume. USA: SAGE Publication, Inc.
Gama, B. & Kusumawati, H. S. (2021). Pelatihan jurnalistik di SMA Negeri Gondangrejo Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Jurnal Warta LPM, 24(1), 28-37.
Given, L. M. (2016). The Sage encyclopedia of qualitative research methods. Californioa: Sage Publisher.
Hidayatun, N. and Desmawati, L.. (2017). Pola pelatihan jurnalistik dalam meningkatkan motivasi santri di Pesantren Durrotu Aswaja Semarang. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 2(2), 116-213. Rerieved from https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/E-Plus/article/view/2954/2300.
Hussain, Rehman & Baig. (2020). Manuscript writing and publication workshop: An invoking pilot study on enhancing cognitive research capabilities in Health Sciences Institutes of Pakistan. Cureus, 12(6), 1-11. Doi: 10.7759/cureus.8802.
Irzal, M., Saerang, I., and Jopie, R. J. (2017). Pelatihan dan pengembangan SDM dalam rangka meningkatkan kinerja jurnalis media online di detikawanua.com [Training and HR development in order to improve performance of jurnalist media online in detikawanua.com]. EMBA, 5(2), 1132–1141. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/16142.
Juliwanti, G., Rifqoh, I., Mufidah, L., Firdaus, N., Pratiwi, N. A. W., Viani, N. H. O. & Soliha, V. (2020). Pelatihan jurnalistik bagi santri Madrasah Diniyah Al-Anwar dalam mengembangkan skill media dan literasi. Jurnal Soerapati, Jurnal Pengabdiankepada Masyarakat, 3(1), 66-74.
Kamlasi, I., Sahan, A., Ulu, E. & Wisrance, M. W. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Jurnalistik kepada Siswa Kelas XI SMA FQI Kefamenanu. ABDIMAS Lectura: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1). Retrieved from https://journal.unilak.ac.id/index , 39-59.
Miles, M. B, Huberman, A. M, dan Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis, A method sourcebook. 3rd edition. USA: Sage Publications.
Moleong, L. J. (2017). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ode, W., Nurhaliza, S., and Nurfikria, I. (2018). Journalism workshop for highschool students to develop school publication in Kendari [Pelatihan keterampilan jurnalistik bagi siswa untuk memproduksi media sekolah di Kota Kendari]. Proceeding of Community Development, 2: 558-566. DOI:https://doi.org/10.30874/comdev.2018.244.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 81A Tahun 2013 tentang implementasi kurikulum 2013, Lampiran 3. Pedoman kegiatan ekstrakurikuler.
Peraturan Menteri Pendidikan No. 62 Tahun 2014 tentang kegiatan ekstrakurikuler pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah
Purnomo, H. (2019). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat (LPPPM), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Sholah & Anwar. (2020). Pelatihan jurnalistik di lima pondok pesantren Kecamatan Gondanglegi. Jurnal Aksi Afirmasi, 1(1), 27–44. https://doi.org/10.35897/jurnalaksiafirmasi.v1i1.386.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas)
Published
2023-04-29
How to Cite
Sahan, M., Kamlasi, I., Emanuel, U., Sahan, A., Wisrance, M., Tenis, W., & Manu, H. (2023). MANFAAT EKSTRAKURIKULER JURNALISTIK BAGI PENGEMBANGAN KEBAHASAAN SISWA KELAS XI SMA FQI KEFAMENANU. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1), 48-60. Retrieved from http://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JBI/article/view/4303