PENGGUNAAN BAHASA PROKEM PADA GRUP WHATSAPP EKSTRAKURIKULER SENI SKABA DI SMAN 1 KARANG BAHAGIA BEKASI

THE USE OF PROKEM LANGUAGE IN THE SKABA ARTS EXTRACURRICULAR WHATSAPP GROUP AT SMAN 1 KARANG BAHAGIA BEKASI

  • Inka Aprianti Universitas Pamulang
  • Dwi Septiani Universitas Pamulang
Keywords: Prokem, Whatsapp, perubahan struktur, pembentukan kosakata

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai bentuk bahasa prokem, perubahan struktur secara fonologis dan pembentukan kosakata secara morfologi pada Bahasa prokem dalam grup chat whatsapp ekstrakurikuler seni skaba di SMAN 1 Karang Bahagia Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini diambil dari kolom grup chat Whatsapp ekstrakurikuler seni skaba. Data diperoleh menggunakan teknik sadap, teknik simak bebas libat cakap (SLBC), dan teknik catat. Data kemudian dianalisis menggunakan teknik bagi unsur serta teknik perluas. Dari data yang diperoleh, telah ditemukan data dengan bentuk Bahasa prokem sebanyak 40 data. Pertama, ditemukan 21 perubahan struktur fonologi yang terdiri dari santuy, asek, hayu, maen, kuy, maaciw, acu, retjeh, shok, sama, wokeh, hayu, skuy, ugha, ngadi-ngadi, gaes, tiati, bet, canda, tutor, dan gans. Di antaranya terbagi menjadi 4 penggantian vokal, 1 pembalikkan suku kata, 1 penambahan vokal dan konsonan, 2 pengganti konsonan, 1 penghilang konsonan, 4 penambahan konsonan, 2 pengganti vokal dan konsonan, 2 penghilang vokal dan konsonan, 1 penghilang suku kata pertama, 1 penghilang suku kata terakhir, dan 1 penghilang suku kata terakhir dan penambahan konsonan. Kedua, ditemukan 20 data yang terkait dalam pembentukan suku kata secara morfologi ialah, mager, boti, baksos, japri, nobar, salfok, pensi, ultah, bocil, PC, PAP, GWS, HBD, GPP, BTW, KEPO, OTW, DM, ngadi-ngadi, dan abong-abong. Di antaranya, terbagi menjadi 9 akronim, 7 abreviasi, dan 2 reduplikasi.

References

Chaer, A. (2014). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Chaer, A. (2014). Sosiolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta.
Chaer, A., & Agustina, L. (2010). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.
Wijana, I. D. P. (2019). Sosiolinguistik: Kajian Teori dan Analisis. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Setiawan, H. (2019). Bahasa Slang di Angkringan Kabupaten Ponorogo. Madah: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 10(1), 137.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Pt Remaja Rosdakarya.
Ayanti, Y., Indarti, M. D., & Priyanto, A. (2019). Analisis Penggunaan Bahasa Prokem. Parole. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(3), 305-312.
Goziyah, G., & Yusuf, M. (2019). Bahasa Gaul (Prokem) Generasi Milenial dalam Media Sosial. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra, 120-125.
Indrawati, S. (2018). Menyikapi Penggunaan Bahasa Di Facebook: Pemerkayaan Atau Perusakan Bahasa Indonesia. In Seminar Bahasa dan Sastra Indonesia , 43-51.
Putra, A. S., & Hartanto, B. H. (2020). Penggunaan Bahasa Prokem pada Media Sosial WhatsApp Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tangerang. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1).
Septiani, D., Syuja'Mu'tasyim, R., & Saragih, D. K. (2022). Implikatur Percakapan Dalam Grup Whatsapp Banten Sinergi. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(3), 111-122.
Published
2023-04-29
How to Cite
Aprianti, I., & Septiani, D. (2023). PENGGUNAAN BAHASA PROKEM PADA GRUP WHATSAPP EKSTRAKURIKULER SENI SKABA DI SMAN 1 KARANG BAHAGIA BEKASI. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1), 67-73. Retrieved from http://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JBI/article/view/4306