PENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI OENINO

IMPROVING THE SKILLS OF WRITING DESCRIPTIVE ESSAYS USING MEDIA IMAGES IN CLASS VII STUDENTS OF SMP NEGERI OENINO

  • Dani Bernabas Tunliu Universitas Timor
  • Elsa Kristanti Universitas Timor
  • Rince Jalla Wabang Universitas Timor
Keywords: menulis, deskripsi, media gambar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas VII SMP Negeri Oenino. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri Oenino dengan jumlah siswa 18 orang. Teknik pengumpulan data yaitu tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarik kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data, dapat dikatakan bahwa penerapan media gambar dalam proses pembelajaran, sangat efektif karena dapat meningkatkan prestasi belajar menulis teks deskripsi pada siswa. Hal ini dapat dilihat pada nilai rata-rata siswa setiap siklusnya. Pada siklus I nilai rata-rata adalah 66,7, siswa yang tuntas sebanyak 6 orang dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 12 orang dari 18 siswa dengan persentase ketuntasan sebesar 33,3% dan persentase ketidaktuntasan 66,7%. Sedangkan nilai rata-rata siswa dari siklus II adalah 87, dari 18 siswa semuanya tuntas dengan persentase ketuntasan sebesar 100%. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan nilai rata-rata pada siklus I ke siklus II sebesar 19,23 dan kenaikan presentase ketuntasan sebesar 67%.

References

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto. 2011. Penelitian Tindak Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, 2010. Media dan Proses Pembelajaran. Jakarta : Depdikbud.
Bestari Arif Bagus, 2013. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas VII SMPN N 3 BLORA. Skripsi. (diakses melalui https://docplayer.info/54913268-Peningkatan-keterampilan- Menulis- karangan- deskripsi-dengan-menggunakan-media-gambar-pada-siswa-kelas- VII-SMPN- 3-blora.html pada tanggal 10 februari 2021)
Dalman, 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Dalman, 2016. Keterampilan Menulis, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Idarliati, 2018. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Yang Diterapkan Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas V SDN 09 Mattekko Kec. Bara Kota Palopo. Jurnal.
Poerwanti, 2015. Media Pendidikan. Jakarta : CV Rajawali
Siregar, R. (2017). Penggunaan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, sains, dan Humaniora. 3(4). Halaman: 715-722.
Subana, Sunarti. 2014. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia.Jakarta: Erlangga.
Suparman. 2010. Gaya Mengajar Yang Menyenangkan Siswa. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.
Published
2023-04-29
How to Cite
Tunliu, D., Kristanti, E., & Wabang, R. (2023). PENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI OENINO. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1), 74-88. Retrieved from http://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JBI/article/view/4307