PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANDUNG

  • Neng Anggi Iliadi Universitas Winaya Mukti
Keywords: Kinerja Karyawan, Motivasi Kerja, Disiplin Kerja

Abstract

Dalam menghadapi persaingan global yang ketat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung dihadapkan pada tantangan signifikan terkait peningkatan kinerja karyawan. Artikel ini bertujuan untuk menguraikan temuan-temuan yang muncul dari tinjauan literatur yang relevan, dengan tujuan memahami faktor-faktor yang memberikan kontribusi signifikan terhadap efektivitas kerja dalam lingkungan. Sejumlah penelitian terdahulu telah memainkan peran sentral dalam menguatkan teori dan dampak yang timbul terhadap kinerja pegawai. Hasil dari tinjauan literatur ini secara konsisten menegaskan bahwa motivasi kerja memiliki dampak yang signifikan terhadap kinerja pegawai. Karyawan yang terdorong secara intrinsik untuk mencapai keunggulan dalam pekerjaan mereka cenderung menunjukkan kinerja yang lebih unggul dalam menjalankan tugas-tugas mereka. Selanjutnya, peran penting disiplin kerja dalam meningkatkan kinerja juga ditekankan. Tingkat disiplin yang konsisten dan tinggi di kalangan pegawai mampu berperan penting dalam mencapai tingkat efisiensi dan kualitas yang lebih baik dalam pelaksanaan tugas-tugas mereka. Oleh karena itu, menjadi sangat penting bagi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung untuk memahami serta merangsang motivasi kerja di antara pegawainya, mengingat hal ini merupakan salah satu faktor kunci yang dapat mengantarkan pada tingkat efektivitas kerja yang diinginkan. Melalui penerapan strategi-strategi yang mendukung motivasi, organisasi dapat menciptakan lingkungan kerja yang produktif, dan memastikan bahwa pegawai mereka mampu mencapai tujuan dengan lebih baik dan secara konsisten.

References

Ardianto, Y. D. (2017). Analisis Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap

Kinerja Karyawan: Studi Kasus pada Karyawan Divisi Fabrikasi Direktorat Produksi

PT. Industri Kereta Api (PT Inka) Madiun. Fakultas Ekonomi. Daerah Istimewa Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma

Azhar, M. E., Nurdin, D. U., & Siswadi, Y. (2020). Pengaruh Disiplin Kerja dan Kompensasi

terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Jurnal Humaniora: Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi dan Hukum, 4(1), 46-60.

Dessler, Gary. 2021. Human Resource Management. New Jersey : Pearson Educatio, 2003.

Donnelly, Gibson. 2008. Organisasi, Perilaku, Struktur, Proses. Jakarta: Erlangga.

Farhah, Adinda, Ahiri Jafar, & Muh. Ilham. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi, 5 (1) (2020): 1-7

Hasibuan, M. S. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia (Cetakan ke-18) (Revisi ed.). Jakarta: PT. Bumi Aksara

Hasibuan, Malayu S. P. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Heriyanto, dan Hidayati, Siti Noor. (2016). Pengaruh motivasi kerja dan disiplin kerja

terhadap kinerja pegawai. Jurnal MAKSIPRENEUR. VI1). 67 – 76.

Huda, N., Baso, B., Aziz, S., Korbaffo, Y. A., & Manane, D. R. (2023). Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Pada Arsyta Bakery Melalui Pelatihan Social Media Marketing. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 4(2), 181-188.

Huda, N., Hambali, R., & Rozali, M. (2020). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai Honorer di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bengkalis. MANDAR: Management Development and Applied Research Journal, 3(1), 1-9.

Huda, N., Lake, Y., & Korbaffo, Y. A. (2022). Money Management Dalam Investasi Cryptocurrency. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (Performa), 19(2), 50-57.

Kartika, E. W., & Kaihatu, T. S. (2016). Analisis pengaruh Motivasi kerja terhadap kepuasan kerja (studi kasus pada karyawan restoran di Pakuwon Food Festival Surabaya). Jurnal manajemen dan kewirausahaan, 12(1), pp-100.

Lenin, A., & Syamsudin, A. (2020). Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Hotel Fairuz Di Palangka Raya. Jurnal Manajemen Sains Dan Organisasi, 1(3), 171–180.

Mangkunegara, A. A. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosda-karya.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta.

Prasetyo, Ery Teguh, and Puspa Marlina. 2019. “Pengaruh Disiplin Kerja Dan Kepuasan

Kerja Terhadap Kinerja Karyawan.” Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen 3(1): 21

Tarigan, B., Priyanto, A, A. (2021). Pengaruh Motivasi dan Disiplin terhadap Kinerja Karyawan pada PT Bank DBS Tangerang Selatan. Wacana Ekonomi (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi), 20(1), pp.1-10.

Published
2023-11-09
How to Cite
Iliadi, N. (2023). PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANDUNG. Inspirasi Ekonomi : Jurnal Ekonomi Manajemen, 5(3), 243 - 250. https://doi.org/10.32938/ie.v5i3.5453