FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KAIN TENUN IKAT (STUDI KASUS KELOMPOK USAHA BERSAMA MOTIF TENUN MAUBESI KECAMATAN INSANA TENGAH-TTU)

  • Dominikus Kopong Duli fakultas ekonomi dan bisnis unimor
  • Maria A. Naipoen Universitas Timor
Keywords: Keragaman motif, kualitas tenun, keputusan pembelian

Abstract

Kelompok Usaha Bersama Motif Tenun Maubesi merupakan kelompok  usaha yang bergerak di bidang kerajinan tenun ikat. Beberapa jenis kain tenun yang dihasilkan diantaranya Buna, Futus dan Sotis. Kain tenun yang dihasilkan menampilkan motif-motif menarik didukung dengan kualitas olahan yang bagus dan meyakinkan. Rumusan masalah apakah keragaman motif dan kualitas tenun berpengaruh terhadap keputusan pembelian kain tenun ikat  baik parsial dan simultan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh keragaman motif dan kualitas tenun terhadap keputusan pembelian kain tenun ikat. Hasil analisis uji t menujukan bahwa ada pengaruh signifikan variabel keragaman motif terhadap keputusan pembelian kain tenun ikat, dibuktikan dengan t-hitung > t-tabel (4,373>2,010). Variabel kualitas tenun berpengaruh terhadap keputusan pembelian kain tenun ikat, dibuktikan dengan t-hitung > t-tabel (5,184>2,010). Variabel keragaman motif dan kualitas tenun secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian kain tenun ikat, dibuktikan dengan F-hitung > F-tabel (15,533>3,19).

References

Ardiansyah, F.& Aprianti, K. (2020). Pengaruh Keragaman Produk Dan Lokasi Penjualan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Kantin Yuank Kota Bima. Jurnal BRAND, 2(2), 163–169.

Ahmida Nikmayku Rohma, Hapsari Kusumawardani, Endang Prahastuti. Studi Tentang Tenun Iikat Di Home Industry Telaga Sari Trenggalek. Hapsari.kusumawardani.ft@.ac.id. Universitas Negeri Malang, Malang, Jawa Timur.

Herdiana, Nana, 2015. Manajemen Strategi Pmasaran, CV. Pustaka Setia, Bandung.

Irfa’ina Rohana Salma, Dana Kurnia Syabana, Yudi Satria dan Robets Cristianto. Divesifikasi Produk Tenun Ikat Nusa Tenggara Timur Dengan Paduan Teknik Tenun dan Teknik Batik. irfasalma@gmail.com. Balai Besar Kerajinan dan Batik. Yogyakarta

Kotler, Philip & Amstrong 2011. Prinsip-Prinsip Pemasaran. PT. Malanan Jaya Cemerlang, Jakarta.

Purnama, Yanti 2016. Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Komunikasi Pemasaran Terintegrasi Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada Pengguna Produk Deterjen Rinso). FE USD . Yogyakarta.

Septia S.Dioh. 2012. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Souvenir Tenun Ikat NTT. Studi Kasus Pada Toko Ina Ndao 2 TDM, Kupang
Published
2023-12-09
How to Cite
Duli, D., & Naipoen, M. (2023). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KAIN TENUN IKAT (STUDI KASUS KELOMPOK USAHA BERSAMA MOTIF TENUN MAUBESI KECAMATAN INSANA TENGAH-TTU). Inspirasi Ekonomi : Jurnal Ekonomi Manajemen, 5(4), 303 - 315. https://doi.org/10.32938/ie.v5i4.5740