Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel

Main Article Content

Shafira Aurelyasari
Iyan Rosita Dewi Nur

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah diartikan sebagai konsep mendasar dalam diri siswa tepatnya dalam aktivitas pembelajaran matematika, tanoa adanya kemampuan tersebut maka akan menghadapi sejumlah kesulitan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Adapun tujuan penelitian yakni untuk memahami tingkat kemampuan siswa SMP dalam memecahkan permasalahan matematis ketika mengerjakan soal dengan materi SPLDV. Peneliti menerapkan metode deskriptif kualitatif. Selanjutnya, subjek penelitian berjumlah 23 siswa, adapun proses pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Instrumen tes berbentuk soal essai. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa terdapat 3.75 % dari siswa dapat diklasifikasikan pada tingkat tinggi karena mereka disebut mampu memenuhi indikator dalam memecahkan permasalahan secara baik, diantaranya: memahami permasalahan, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana serta memeriksa kembali. Sedangkan sebanyak 10,41% siswa dapat dikategorikan tingkat sedang dimana hanya mampu memenuhi tiga indikator yang terdapat dalam pemecahakan masalah. Serta 1.78 % siswa dapat diklasifikasikan pada tingkat rendah yang mana paling sedikit terdapat satu indikator bahkan tidak sama sekali memenuhi indikator kemampuan dalam pemecahan masalah.  

Article Details

How to Cite
Aurelyasari, S., & Nur, I. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 8(1), 16-23. https://doi.org/10.32938/jipm.8.1.2023.16-23
Section
Articles

References

Achir, Yaumil Sitta, et al. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau Dari Gaya Kognitif.” Paedagogia, 20 (1), 78, doi:10.20961/paedagogia.v20i1.16600.

Agustina, Novia, and Dadang Rahman Munandar. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Pola Bilangan.” Didactical Mathematics, 4 (1), 40–50, doi:10.31949/dm.v4i1.2012.

Anggreni, C. S., et al. (2020). Masalah Dengan Prosedur Newman Pada Siswa Kelas Ix C SMP Cipta Dharma Program Studi Pendidikan Matematika , Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar Email : Adeliaanggreni5@gmail.Com.Seminar Nasional Pendidikan Matematika (MAHASENDIKA), 83–92.

Dea Damianti1, Ekasatya Aldila Afriansyah. (2022). Dan Self-Efficacy Siswa SMP.

Fajar, Ayu Putri, et al. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9 (2), p. 229, doi:10.36709/jpm.v9i2.5872.

Hafriani, Hafriani. (2021). Mengembangkan Kemampuan Dasar Matematika Siswa Berdasarkan Nctm Melalui Tugas Terstruktur Dengan Menggunakan Ict (Developing The Basic Abilities of Mathematics Students Based on NCTM Through Structured Tasks Using ICT). jurnal ilmiah didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 22 (1), 63, doi:10.22373/jid.v22i1.7974.

Latifah, Teli, and Ekasatya Aldila Afriansyah. (2021) Kesulitan Dalam Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Statistika. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 3 ( 2), 134–50.

Nugraha, Tonnie Hari, and Heni Pujiastuti. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan Perbedaan Gender.” Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 9 (1), pp. 1–7, doi:10.22437/edumatica.v9i1.5880.

Rahmawati, Novie Suci, et al. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Smk Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV).” Journal On Education, 1 (2), 344–52.

Rahmayanti, Irna, and Iyam Maryati. (2021) Kesalahan Siswa SMP Pada Soal Pemecahan Masalah Berdasarkan Tahapan Teori Newman. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (1), 61–70, doi:10.31980/plusminus.v1i1.1026.

Simarmata, Yesika, et al.( 2020). Analisis Literasi Matematika Pada Penyelesaian Soal Cerita Siswa Kelas V Sekolah Dasar. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (1), 100–05, doi:10.31932/j-pimat.v2i1.654.

Son, A. L., & Fatimah, S. (2020). Students' Mathematical Problem-Solving Ability Based on Teaching Models Intervention and Cognitive Style. Journal on Mathematics Education, 11(2), 209-222.

Son, A. L., Sudirman, S., & Widodo, S. A. (2020). Asosiasi Kemampuan Koneksi Dan Pemecahan Masalah Matematika: Cross-Sectional di Timor Barat. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 326-337.

Son, A. L., & Ditasona, C. (2020, October). CORE RME learning model on improving students’ mathematical problem-solving ability. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1657, No. 1, p. 012060). IOP Publishing.

Sriwahyuni, Krisnawati, and Iyam Maryati. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Statistika.” Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (2), 335–44, doi:10.31980/plusminus.v2i2.1830.

Sulastri, Ega, and Deddy Sofyan. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Self Regulated Learning Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (2), 289–302, doi:10.31980/plusminus.v2i2.1875.

Yetri, Oktaveni, et al. (2019). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Dan Self Efficacy Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3 (4), 20–28, doi:10.31004/basicedu.v3i4.249.