Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memahami Materi Perkalian Studi Kasus Kesulitan Siswa Kelas IV SD

Main Article Content

Ahmat Wakit

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui analisis kesulitan siswa dalam memahami materi perkalian dalam matematika. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, pengumpulan data penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Sedangkan data akan dianalisis secara deskriptif secara detail dengan pendekatan fenomenologis. Penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan yang dihadapi siswa dikarenakan proses pembelajaran yang membosankan karena didominasi oleh soal-soal latihan dan kurangnya penjelasan dari guru, selain itu penggunaan media dan metode yang kurang variatif, hanya dengan ceramah yang membuat siswa tidak antusias sehingga sulit menangkap inti materi yang dijelaskan. Selain itu, minimnya peran orang tua dalam mendampingi anak atau siswa belajar di rumah sangat minim dengan membantu anak dengan mereview materi pelajaran yang telah dipelajari di sekolah. Setelah mengidentifikasi ciri atau gejala kemudian menganalisis kesulitannya, maka upaya yang dilakukan dalam mengatasi permasalahan pembelajaran tersebut adalah dengan memilih model pembelajaran yang lengkap dengan media dan metode yang bervariasi sehingga dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa titik kesulitan siswa kelas IV SD memahami materi matematika pada konsep dasar perkalian dengan rumus perkalian, siswa mengalami kesulitan pada saat proses perkalian. Sehingga hasil akhirnya juga salah. Oleh karena itu, guru hendaknya memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa agar pembelajaran dapat menyenangkan.

Article Details

How to Cite
Wakit, A. (2023). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memahami Materi Perkalian Studi Kasus Kesulitan Siswa Kelas IV SD. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 8(1), 80-87. https://doi.org/10.32938/jipm.8.1.2023.80-87
Section
Articles

References

Adawiyah, A. R., & Kowiyah, K. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Permainan Kartu Domino sebagai Media Pembelajaran Operasi Hitung Perkalian Siswa Kelas IV SD. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(3), 115. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i3.435
Alfiana, G., Adi, K., Ade, I. P., & Payadnya, A. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemecahan Masalah Perbandingan dan Skala Berdasarkan Empat Langkah Polya di Kelas VII SMP TP 45 Denpasar. 5, 214–221.
Dewi, dkk. (2020). Pengaruh Jarimatika terhadap Kemampuan Berhitung Perkalian Peserta Didik Kelas IV Sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. 2(2), 80.
Mandasari, N., & Rosalina, E. (2021). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bilangan Bulat di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1139–1148.
Melinda, A., Laurens, T., & Huwaa, N. C. (2020). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Lingkaran Pada Siswa Kelas VIII MTs Al Khairaat Ambon. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 1(1), 21–29.
Muslihah, N. N., & Tiawati, L. (2021). Analisis Metode Jari Magic ( Jarimatika ) dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian dan Motivasi Belajar Siswa. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Institut Pendidikan Indonesia, 1(1), 29–41.
Safitri, I. M. S. D. P. P. P. E. A. (2018). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Pecahan Siswa Sekolah Dasar. International Journal of Elementary Education, 2(2), 144–155.
Sarumaha, R., & E, T. G. E. (2020). Upaya Mengatasi Kesulitan Siswa Dalam Operasi Perkalian Dengan Metode Latis Di Kelas Vii Smp Negeri 1 Luahagundre Maniamolo Efforts To Overcome Students Difficulty in Operations Multiple With the Latic Method in Class Vii State 1 State Middle School Luaha. 6(1), 1–9.
Sholekah, L. M., Anggreini, D., & Waluyo, A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Koneksi Matematis Materi Limit Fungsi. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 1(2), 151–164. https://doi.org/10.30738/wa.v1i2.1413
Sriyanto, I. B. F. S. M. I. (2021). Identifikasi Kesulitan Belajar Matematika di Rumah Selama Pandemi Covid-19 pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Universitas Sebelas Maret, 9(1).